Jokowi Pamit Lagi, Kali Ini Minta Maaf ke Warga Pontianak


TEMPO.CO, Jakarta Presiden Joko Widodo kembali menyampaikan salam perpisahan. Pada Selasa, 24 September 2024, Jokowi berpamitan kepada warga di Pasar Mawar, Pontianak, Kalimantan Barat.

“Sebulan lagi saya akan purnatugas, mohon maaf yang sebesar-besarnya, kepada bapak ibu sekalian,” kata Presiden Jokowi terlihat dalam akun resmi Instagram Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

Sambil menggunakan megafon, Jokowi mengatakan kepada warga apabila dalam sepuluh tahun memimpin negara ini ada kekurangan. “Berkenan, ada kesalahan, ada kekhilafan, ada kekurangan, sekali lagi saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, “ kata eks Gubernur Jakarta ini.

Erick, dalam keterangannya mengaku sedih dengan momen perpisahan ini. Namun Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ini juga bangga karena bisa menjadi saksi selama lima tahun terakhir kepemimpinan Jokowi.

“Bagaimana beliau memimpin Indonesia dengan hati. Selalu turun ke bawah untuk memastikan setiap program-program pemerintah betul-betul dirasakan oleh masyarakat,” ucap Erick.

Iklan

Bukan kali pertama Presiden Jokowi menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat. Eks Gubernur Jakarta ini sempat mengungkapkan pamit kepada dalam kunjungannya ke Sumatera Utara pada Selasa, 10 September 2024 dan Pasar Soponyono, Rungkut, Surabaya pada 6 September 2024.

Jokowi pernah mengatakan tidak ada alasan khusus kenapa menyampaikan pamit kepada warga. Ia menyampaikan ini usai meninjau Pasar Delimas Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. “Mohon maaf kalau ada policy-policy yang tidak berkenan,” kata Jokowi.

Pilihan editor: TPNPB-OPM Tuding Pembebasan Pilot Susi Air Sarat Kepentingan Politik di Pilkada Papua Pegunungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *