Delegasi Cina dan Turki Belajar Pengelolaan Air Ke Perumdam TKR Kabupaten Tangerang


INFO NASIONAL – Delegasi dari negara Cina dan Turki belajar pengelolaan air kepada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang. Dua delegasi negara sahabat ini mengunjungi kantor pusat Perumdam TKR pada Selasa, 17 September 2024 dan diterima langsung Direktur Utama (Dirut) Perumdam TKR, Sofyan Sapar beserta jajaran direksi lainnya. Sementara dari delegasi Cina dan Turki dipimpin Agung Wicaksono sebagai Challenge Director dari PT. Napindo.

“Kunjungan ini sebagai bentuk evaluasi serta bertukar pengetahuan dalam sektor pengelolaan air,” kata Gross sales Supervisor dari Shanghai NuoSai Pump Production Co., Ltd. Mrs. Allen. Pihaknya berkesempatan berdiskusi mengenai tantangan dan solusi yang dihadapi dalam pengelolaan air, serta berbagi informasi tentang teknologi terbaru yang diterapkan Perumdam TKR.

Perumdan TKR sebagai perusahaan air minum terbaik di Indonesia, dinilai mampu menjadi representatif dan function type bagi perusahan-perusahaan air minum lainnya dalam melayani kebutuhan air minum bagi masyarakat.

Menurut Mrs. Allen, kunjungan juga meliputi pengetahuan mengenai sistem distribusi air, fasilitas pengolahan air, dan teknologi yang digunakan serta laboratorium sebagai penguji kualitas air minum hasil produksi. “Kami juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mengevaluasi dan mengkaji sistem, produk, infrastruktur, dan pelayanan dari Perumdam TKR,” ujar dia.

Dirut Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofyan Sapar mengatakan, kunjungan delegasi Cina dan Turki menjadi momen penting untuk memperluas wawasan dan memperkuat kapasitas Perumdam TKR dalam menciptakan produksi air minum sebagai bentuk pengabdian kepada masyarkat.

“Kunjungan dua negara sahabat menjadi kesempatan untuk berkolaborasi dan belajar dari pengalaman internasional. Kami percaya, pertukaran pengetahuan ini akan membantu Perumdam TKR,” kata Sofyan.

Kunjungan ini juga membuka peluang untuk kemitraan dan kolaborasi lebih lanjut antara Perumdam TKR dengan China dan Turki. “Dengan adanya diskusi dan studi banding ini, Perumdam TKR berharap dapat menerapkan praktik terbaik dan sistem berstandar Internasional untuk mengatasi tantangan yang ada serta meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Tangerang,” ujar dia.

Kunjungan delegasi Cina dan Turki ke Perumdam TKR adalah dalam rangka persiapan menjelang digelarnya kegiatan Indowater.  Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, pada 18-20 September 2024, di Jakarta Global Expo (JIExpo) Kemayoran, DKI Jakarta. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *