Djarot PDIP Soal Rompi Putra Mulyono Milik Kaesang: Tanya Dia, Memang Anaknya atau Bukan?


TEMPO.CO, Jakarta – Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi, Djarot Saiful Hidayat, ikut berbicara soal rompi Kaesang Pangarep yang bertuliskan Putra Mulyono kemarin. Rompi itu dikenakan saat blusukan ke Kecamatan Jambe, Tangerang, Banten pada Selasa, 24 September 2024. 

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI itu mengenakan kaos hitam dengan luaran rompi hitam. Tulisan ‘Putra Mulyono’ terpampang di bagian punggung rompi. Tampak pula siluet seseorang yang disebut mirip Presiden Joko Widodo. 

Djarot mengatakan, rompi yang dikenakan Kaesang itu bisa saja merupakan gayanya dalam berpakaian. Dia juga mempertanyakan apakah Kaesang memang anak dari Mulyono. 

“Kayak gitu kan mode bagi dia, ya. Mulyono tuh sopo? Ya, tanya ke mas Kaesang. Memang dia anaknya Mulyono atau bukan?” kata Djarot saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu, 25 September 2024. 

Seperti diketahui nama Mulyono belakangan menjadi perbincangan setelah dalam sebuah wawancara televisi, Presiden Joko Widodo mengaku namanya saat lahir adalah Mulyono. Namun ia mengaku mengalami masalah kesehatan sehingga dalam tradisi Jawa, namanya kemudian diganti menjadi Joko Widodo.

Djarot juga mengomentari perihal penggunaan pesawat jet pribadi oleh Kaesang dan istrinya Erina Gudono. Dia meminta agar putra bungsa Jokowi itu menjelaskan kenapa dia bisa menggunakan jet pribadi dengan dalih nebeng dengan teman. 

Iklan

“Jelasin juga itu, kok bisa enak yo nebeng ke Amerika? Enak banget dong. Aku juga (mau) punya temen tuh (kalau) bisa nebeng ke Amerika sama istri,” kata Djarot. 

Sebelumnya, Kaesang mengklaim bahwa dia naik pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat karena nebeng dengan temannya. Namun, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa teman yang dimaksud Kaesang tidak ada di dalam jet pribadi tersebut. 

“Yang bersangkutan pergi berempat,” kata Deputi Pencegahan dan Tracking KPK Pahala Nainggolan di Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa, 17 September 2024. 

Keempat orang itu, kata Pahala antara lain Kaesang, Erina Gudono, kakak iparnya, serta seorang staf. Namun, Pahala tak menjelaskan lebih lanjut perihal teman Kaesang yang tidak ada di dalam pesawat jet pribadi tersebut. “Nanti kita tanya sama temannya,” kata Pahala. 

Amelia Rahima Sari berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *