Peluncuran SI-EMAS, Sekda Kabupaten Banyuasin: Wujud Penerapan Good Town


INFO NASIONAL – Konsep Good Town bukan lagi sekedar konsep futuristik, tetapi merupakan kebutuhan nyata untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan kualitas pelayanan publik. Oleh sebab itulah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin berkomitmen untuk menghadirkan inovasi berbasis teknologi virtual untuk mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Perangkat daerah di Pemkab Banyuasin yang selama ini membuat inovasi dalam beberapa aplikasi terpisah, kini terintegrasi dalam satu wadah bernama Sistem Evaluasi Good Town (SI-EMAS).

Sistem terintegrasi itu diluncurkan Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin Erwin Ibrahim di Ballroom Resort Hayo Palembang, Rabu, 25 September 2024. Erwin Ibrahim menjelaskan, bahwa aplikasi tersebut dirancang sebagai alat bantu untuk memudahkan semua perangkat daerah dalam bekerja. Terutama dalam hal dokumentasi, memantau, mengevaluasi, dan mengoptimalkan implementasi program Good Town di Kabupaten Banyuasin.

“Dengan adanya sistem evaluasi yang berbasis virtual ini, akan mampu melacak perkembangan secara real-time, serta memberikan solusi yang lebih cepat dan tepat dalam menghadapi berbagai tantangan di lapangan” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (KominfoSP) Kabupaten Banyuasin Salni Pajar, menjelaskan pihak Diskominfo-SP menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi 56 operator dari semua perangkat daerah selama 2 hari, Rabu hingga Kamis, 25-26 September 20204. 

Iklan

Salni Pajar berharap setelah melakukan bimtek para peserta dapat langsung menerapkan dan mendokumentasikan semua aspek administratif yang dimiliki tiap perangkat daerah ke dalam aplikasi SI-EMAS.

“Semua bahan dokumentasi mulai dari Perbup, surat keputusan, surat edaran, foto dokumentasi kegiatan dan berbagai information lain dapat segera disimpan ke dalam SI-EMAS. Sehingga pada saat evaluasi Good Town Tahap II, semua kebutuhan terkait information semakin mudah didapatkan,” katanya.

Salni Pajar juga berharap penghargaan Kabupaten Good Town yang diperoleh Pemkab Banyuasin pada 2017 dapat kembali diraih berkat aplikasi yang memudahkan untuk mengakses information dokumentasi dan memberikan pelayanan masyarakat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *