Bupati Serang Menilai Pembentukan UPZ oleh Baznas Sangat Penting


INFO NASIONAL – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menilai, pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di tingkat desa se-Kabupaten Serang sangat penting karena memudahkan masyarakat dalam membayar Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS).

“Keberadaan Baznas ini amat sangat penting, karena ini juga organisasi yang dibentuk dari pusat sampai ke daerah untuk menghimpun dari masyarakat, baik itu zakat, infaq dan sedekah (ZIS),” ujar Tatu saat menghadiri Milad Baznas Kabupaten Serang ke-24, di Lapangan Rancanini, Kecamatan Padarincang, pada Jumat, 20 September 2024. 

Menururnya, pembentukan UPZ dapat membangun kepedulian masyarakat terhadap sesama. Tatu mengatakan, dengan kebersamaan, masyarakat Kabupaten Serang akan membantu persoalan yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Serang lewat anggaran yang dihimpun dari masyarakat melalui Baznas.

Ketua Baznas Kabupaten Serang, Badrudin mengatakan, pengumpulan zakat setiap tahunnya mengalami peningkatan yang berdampak pada bertambahnya jumlah penerima. Untuk 2024, pihaknya menargetkan sebesar Rp26,5 miliar dan telah terealisasi Rp19,8 miliar. “Masih ada waktu 3 bulan kami estimasi pengumpulan ZIS pada 2024 ini sebesar Rp27 miliar optimis tercapai melebihi goal,” ujarnya.

Iklan

Adapun untuk momen Milad ke-24, Baznas Kabupaten Serang menyalurkan bantuan pengobatan free of charge, bantuan paket sembako, bantuan beasiswa SMP, bantuan UMKM, bantuan gizi buruk dan stunting, dan bantuan keagamaan.

“Itu yang kami berikan pada kegiatan bakti sosial dengan overall anggaran sebesar Rp320 juta,” kata dia.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *