Cerita Pramono Anung Jaga Dapur Megawati dan Jokowi


TEMPO.CO, Jakarta – Calon gubernur Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung bercerita tentang pengalamannya mendampingi calon presiden yang maju dalam pemilihan presiden atau Pilpres. Hal itu Pramono sampaikan saat dia bersama pasangannya, Rano Karno, menyambangi warga Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara

Pramono mengungkap telah menjadi orang kepercayaan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi selama 25 tahun kariernya di dunia pemerintahan. 

“Saya lima kali menjadi pendamping–menjadi orang yang mengerjakan dapur ketika dua orang (Megawati dan Jokowi) maju sebagai calon presiden,” kata Pramono kepada masyarakat di Ecopark Kayara, PIK, Jakarta Utara pada Sabtu, 28 September 2024.

Pramono mengaku berpengalaman mendampingi Megawati dalam tiga kali pilpres, yakni saat Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berpasangan dengan Hamzah Haz pada tahun 1999; Hasyim Muzadi pada 2004; dan Prabowo Subianto pada 2009.

“Ketika Ibu Megawati dengan Pak Prabowo tahun 2009, pendamping utamanya saya, bahkan yang melatih untuk berpidato, substansi, materi dan sebagainya,” ujarnya. 

Selanjutnya, Pramono juga mengungkit perannya sebagai sosok penentu dalam pertarungan Jokowi saat berpasangan dengan Jusuf Kalla pada 2014 dan dengan Ma’ruf Amin pada 2019.

“Sehingga overall dari lima kali ini: tiga kali menang, dua kali kalah,” tuturnya. 

Iklan

Oleh sebab itu, Pramono menyatakan dirinya berpengalaman menjaga ‘dapur’ calon presiden. Dia juga menyampaikan bahwa dirinya sudah biasa menghadapi kontestasi apapun, termasuk pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jakarta. 

“Saya untuk urusan begini bukan hal yang baru,” ucapnya. 

Berdasarkan pantauan Pace, Pramono Anung tiba di Ecopark Kayara, PIK, Jakarta Utara sekitar pukul 13.00. Tak lama kemudian, Rano Karno baru hadir lima belas menit kemudian. Pramono mengenakan kemeja hitam sementara Rano memakai kemeja abu-abu. 

Di sana, mereka memperkenalkan program unggulan yang dikemas dalam slogan Jakarta Menyala serta mendengarkan keluhan warga setempat. Pramono-Rano juga menyempatkan diri untuk berfoto bersama masyarakat. Akhirnya, kedua tokoh itu meninggalkan lokasi pada pukul 14.23.

Dalam kontestasi Pilkada Jakarta, pasangan Pramono Anung-Rano Karno akan melawan Ridwan Kamil-Suswono yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus serta calon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Pilihan Editor: KSAL Ungkap Pertimbangan Sematkan Jokowi Brevet Hiu Kencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *