Suswono Janji Akan Revitaslisasi Pasar Serdang Menjadi Trendy


TEMPO.CO, Jakarta – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (Rido) berjanji jika mereka terpilih menjadi pemimpin Jakarta 5 tahun mendatang akan merevitalisasi pasar tradisional menjadi pasar trendy. 

Salah satu pasar yang nanti akan direvitalisasi adalah Pasar Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat. “Ini (Pasar Serdang) memang sudah layak untuk direvitalisasi,” kata Suswono usai blusukan ke Pasar Serdang, Jakarta Pusat pada Jumat sore, 27 September 2024. 

Namun, salah satu masalah ketika ingin merevitalisasi Pasar Serdang, Suswono mengatakan belum ada lahan pengganti.

Politikus Partai  Keadilan Sejahtera (PKS) menjelaskan solusi yang dia pikirkan, yakni secara bertahap atau bergilir para pedagang di Pasar Serdang dipindahkan sementara ke lokasi terdekat. “Tetapi ya itu konsekuensi ya. Supaya masyarakat, konsumen juga tidak terganggu,” kata Suswono. 

Meski demikian, mantan Menteri Pertanian ini pastikan program revitalisasi pasar harus dilaksanakan, tetapi perlu dikaji secara mendalam. “Supaya pasar-pasar yang ada ini nyaman juga,” ucap Suswono.

Suswono blusukan ke Pasar Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat sore, 27 September 2024. Saat blusukan, dia membagikan kipas kepada para pedagang maupun para warga yang ditemuinya di Pasar Serdang. 

Kipas yang dibagikan Suswono bergambar muka Ridwan Kamil dan Suswono, lengkap dengan tagline Jakarta Baru Jakarta Baru, dan singkatan keduanya yaitu Rido.

Iklan

Suswono juga membeli kerupuk mentah serta satu kilogram kacang hijau di Pasar Serdang. Saat itu ada seorang padagang menyampaikan keluhannya kepada Suswono, jika di house dalam pasar masih dikenakan biaya pajak oleh sejumlah pihak dengan overall tarif Rp 350 ribu setiap bulannya.

Karena masih dikenakan biaya, banyak pedagang yang memutuskan untuk berjualan di house jalan raya atau luar Pasar Serdang. “Kami minta tolong ke Bapak supaya pasar ini bisa lancar,” kata pedagang tersebut. 

Suswono mengatakan segala keluhan dan aspirasi yang disampaikan oleh para pedagang Pasar Serdang tidak akan terealisasikan jika pasangan Ridwan Kamil-Suswono tidak memenangkan Pilkada 2024. “Bu, tapi percuma kalau saya enggak menang,” kata Suswono kepada salah seorang pedagang. 

Usai blusukan, Suswono menyampaikan jika permasalahan pembayaran pajak di house dalam pasar harus hingga penertiban pedagang di house luar Pasar Serdang, harus ada win-win answer. “Tentu harus ada jalan keluar,” ucapnya. 

Pilihan Editor: Suswono Bagi-bagi Kipas di Pasar Serdang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *