Survei Poltracking: Pemilih Anies dan Cak Imin Cenderung Pilih Ridwan Kamil-Suswono


TEMPO.CO, Jakarta – Lembaga survei Poltracking Indonesia menyebutkan para pemilih Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam pemilu presiden (Pilpres) 2024 cenderung memilih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), dalam pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta 2024.

“Hasil survei menunjukkan masyarakat memiliki persepsi terdapat kesamaan antara pasangan Ridwan Kamil-Suswono dan Anies Baswedan, yakni dari sisi profil kandidat dan partai pengusung,” kata juru bicara pasangan RIDO, Muhammad Kholid, dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu, 28 September 2024 seperti dikutip dari Antara.

Kholid juga menyebutkan profil Ridwan Kamil dan Anies Baswedan sama-sama memiliki kompetensi dan rekam jejak sebagai gubernur. “Ini yang jadi perhatian masyarakat,” ucapnya.

Dia menuturkan foundation pemilih dari Anies adalah PKS, Nasdem, dan PKB yang saat ini juga menjadi pengusung pasangan Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub Jakarta 2024.

Berdasarkan information survei terbaru Poltracking Indonesia, Peta Elektoral Pilkada Jakarta 2024: Pertarungan Para “Mantan”, yang dilakukan pada 9-15 September 2024, sebanyak 45,4 persen pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 yang berdomisili di Jakarta cenderung memilih Ridwan Kamil-Suswono.

Dalam hasil survei yang dirilis di situs internet lembaga survei itu pada Sabtu, 28 September 2024, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR menyebutkan, selain pendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, para pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 juga cenderung memilih Ridwan Kamil-Suswono.

Sebanyak 57,4 persen pemilih presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu 2024 tersebut cenderung mendukung Ridwan Kamil-Suswono untuk memimpin Jakarta dalam lima tahun ke depan.

Survei Poltracking juga menunjukkan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono lebih tinggi dari dua calon lainnya. Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono berada pada angka 47,5 persen, unggul atas Pramono Anung-Rano Karno sebesar 31,5 persen, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana sebesar 5,1 persen.

Rano Karno Mengatakan Sebagian Pendukung Anies Ikut Dia

Adapun calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 3, Rano Karno, tidak mempermasalahkan pasangan calon (paslon) lain yang ikut mengincar suara ‘anak Abah’ (pendukung Anies) di Pilgub Jakarta.

“Tidak masalah (condong ke paslon lain), ini pilihan, artinya sebagian anak Abah juga sudah ikuti saya, dan Anda mungkin tahu,” kata Rano di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu, 28 September 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *