Cara Rano Karno Serap Aspirasi Masyarakat di Pilgub Jakarta 2024


TEMPO.CO, Jakarta – Calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 3, Rano Karno atau akrab disapa Bang Doel, akan lebih memprioritaskan berdialog dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi dan permasalahan yang ada di Jakarta sebelum bertemu dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat. Hal itu menjadi salah satu strategi Rano dalam kampanye pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta 2024.

“Saya mah hormat ame (sama) semua tokoh masyarakat dan agama,” katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Sabtu, 28 September 2024, seperti dikutip Antara.

Namun, untuk saat ini, Rano mau berfokus dulu ke schedule yang sudah direncanakan. “Utamain ngobrol langsung ame masyarakat biar ngerti masalah-masalah yang ada,” ujarnya.

Mantan Gubernur Banten itu menyebutkan Jakarta merupakan kota yang memiliki aneka ragam latar belakang. Karena itu, dia harus memastikan hadir di setiap elemen masyarakat. 

“Yang jelas, Jakarta ini tempat bertemunya beragam budaya, suku dan agama. Negara hadir untuk semua,” tuturnya.

“Ane sama Mas Pram bakal jadi gubernur dan wakil buat semua warga Jakarta, buat semua kelompok masyarakat, buat semua etnis dan penganut agama,” kata dia menambahkan.

Rano juga mengungkapkan dia tidak bisa mengambil kebijakan sendiri perihal bertemu para tokoh karena sudah disusun oleh tim pemenangan. “Ane bakal ngikutin arahan dari tim pemenangan yang udah dibentuk,” ucapnya.

Menjaring Suara Pemilih Muda Jakarta

Dalam kesempatan lain, Rano mengatakan dukungan dari masyarakat kepadanya dan Pramono Anung ibarat ‘nutrition’. “Ini ‘nutrition’ bagi saya dan Mas Pram untuk terus bergerak,” kata Rano saat menghadiri acara ‘Nongkrong Bareng Menyala Bareng Alumni SMA Jakarta’ di Gelanggang Remaja Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu.

Dalam keterangan persnya, Rano mengaku akan menjaring suara dari berbagai kelompok masyarakat, termasuk menggandeng pemilih muda di Jakarta. “Saya sadar pasti komponen saya ini adalah keluarga Si Doel, penonton Si Doel, yang umurnya rata-rata seumuran saya semua,” kata dia.

Artinya, kata dia, Gen Z akan bergerak. “Yakin saya, insyaallah seminggu, dua minggu lagi, survei akan terus meningkat,” tuturnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2029-2024 itu mengatakan hal tersebut dibuktikan dengan hasil survei dirinya dan Pramono telah merangkak naik. Apalagi, kata dia, dukungan dari berbagai komunitas saat ini semakin banyak untuk membuat “Jakarta Menyala”.

Selanjutnya, kubu Pramono-Rano optimistis bisa salip elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *