Pramono Tanggapi Survei Poltracking soal Pendukung Anies Beralih ke Ridwan Kamil


TEMPO.CO, Jakarta – Calon gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung, merespons hasil survei Poltracking Indonesia yang menunjukkan suara pendukung Anies Baswedan cenderung beralih ke Ridwan Kamil-Suswono, dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jakarta

Pramono mengklaim bahwa orang-orang dekat Anies justru banyak menjadi anggota tim pemenangannya. Dia juga mencontohkan organisasi pendukung Anies serta orang-orang yang pernah bekerja untuk Anies kini bergabung dalam kubunya. 

“Kenyataannya sekarang ini hampir semua kader-kader utamanya Mas Anies, mulai dari ketua relawan, jubir, dan para kiai, lebih banyak bergabung dengan tim saya,” kata Pramono saat ditemui wartawan di Cideng, Gambing, Jakarta Pusat pada Senin, 30 September 2024.

Pramono menyerahkan pilihan sepenuhnya kepada pemilih Anies Baswedan. Menurut dia, sejumlah gagasan yang dia usung bersama Rano Karno memiliki kesamaan dengan milik Anies Baswedan. 

“Bagaimana program-program yang kami tawarkan, apakah kemudian program itu mempunyai kesamaan seperti yang disampaikan dengan Pak Anies. Itu nanti kami akan lihat,” ujarnya. 

Lembaga survei Poltracking Indonesia menyebutkan para pemilih Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam pemilu presiden (Pilpres) 2024 cenderung memilih pasangan calon Ridwan Kamil-Suswono dalam pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta 2024.

Iklan

Berdasarkan information survei terbaru Poltracking Indonesia, Peta Elektoral Pilkada Jakarta 2024: Pertarungan Para “Mantan”, yang dilakukan pada 9-15 September 2024, sebanyak 45,4 persen pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 yang berdomisili di Jakarta cenderung memilih Ridwan Kamil-Suswono.

Dalam hasil survei yang dirilis di situs internet lembaga survei itu pada Sabtu, 28 September 2024, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR menyebutkan, selain pendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, para pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 juga cenderung memilih Ridwan Kamil-Suswono.

Sebanyak 57,4 persen pemilih presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu 2024 tersebut cenderung mendukung Ridwan Kamil-Suswono untuk memimpin Jakarta dalam lima tahun ke depan.

Survei Poltracking juga menunjukkan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono lebih tinggi dari dua calon lainnya. Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono berada pada angka 47,5 persen, unggul atas Pramono Anung-Rano Karno sebesar 31,5 persen, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana sebesar 5,1 persen.

Pilihan Editor: Ridwan Kamil Minta Masyarakat Tak Bawa Anak-Anak saat Ikut Kampanye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *