Anggota DPR Termuda Annisa Desmond Janji Perjuangkan Isu UKT Mahal


TEMPO.CO, Jakarta – Anggota DPR termuda, Annisa Maharani Azzahra Desmon, berjanji akan menyuarakan keresahan generasi Z saat bertugas di parlemen. Putri sulung mendiang politikus Gerindra Desmond J. Mahesa ini mengatakan dirinya akan menyuarakan persoalan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan akses pekerjaan yang inklusif bagi anak muda.

“Aku akan menggaungkan akses pendidikan yang merata dan menyuarakan UKT mahal, karena masalah ini aku temui di dapil, mereka banyak sekali mengeluhkan UKT mahal,” ujar Annisa saat ditemui di kompleks gedung DPR, Selasa, 1 Oktober 2024.

Annisa mengatakan selain masalah akses pendidikan yang belum merata, dia melihat hingga saat ini pemerintah gagal menciptakan lapangan pekerjaan bagi generasi Z. Dia mengatakan selama ini melihat generasi seangkatannya sulit mendapatkan pekerjaan yang inklusif. Akses terhadap pekerjaan pun, kata dia, juga belum merata.

“Ketika aku turun ke dapil, teman-teman seangkatanku selalu bertanya ‘Kak Nisa, bagaimana kami bisa mendapatkan pekerjaan’,” ujarnya.

Annisa mengatakan sebagai perwakilan generasi Z, dirinya cukup memahami dan bisa menangkap keresahan anak muda. Dia berjanji akan mendorong kebijakan dan regulasi yang sesuai dengan kepentingan anak muda.

Sebagai lulusan ekonomi, Annisa berharap dirinya bisa ditugaskan di Komisi yang membidangi sektor keuangan. Namun demikian, dia mengatakan posisi penugasan di DPR tetap tergantung pada keputusan pimpinan partai.

“Aku yakin pimpinan partai mengetahui kapasitas anggotanya dan posisi yang sesuai dengan kompetensi yang ada,” kata Annisa.

Iklan

Annisa resmi dilantik sebagai anggota DPR periode 2024-2029 dalam usia 23 tahun. Dia berhasil meraih suara terbanyak di Dapil Banten II dengan perolehan suara sebanyak 122.470 suara.

Annisa mengaku sudah mengenal aktivitas politik sejak usia belasan tahun. Dia bercerita sering dibawa oleh ayahnya, yang juga anggota DPR dari Gerindra, turun ke daerah pemilihan.

“Aku sangat dipengaruhi oleh almarhum papaku yang mengenalkan dengan politik, jadi ketika aku maju, para konstituen sudah mengenali karena sering dibawa papa,” katanya.

Annisa merupakan anak sulung Desmond J. Mahesa, aktivis 1998 yang pernah diculik tim mawar Kopassus pada 1998. Di generation reformasi, Desmond menjadi politikus dengan bergabung ke Partai Gerindra besutan Prabowo Subianto.

Pilihan editor: UIPM Jadi Sorotan Seusai Berikan Gelar Honoris Causa kepada Raffi Ahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *