Jadi Ketua DPR Lagi, Puan Maharani Ingatkan Masalah Struktural yang Harus Dibereskan


TEMPO.CO, Jakarta – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengingatkan ada sejumlah permasalahan struktural sebagai tantangan yang harus diselesaikan ke depan. Hal ini dia sampaikan setelah dirinya kembali terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2024-2029. 

“Kita memiliki sejumlah permasalahan struktural yang harus diselesaikan, antara lain masalah struktural kualitas sumber daya manusia, kedaulatan pangan, energi, industri nasional, UMKM, ketimpangan sosial, kemiskinan, dan lain sebagainya,” kata Puan dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Selain permasalahan struktural tersebut, Puan juga menyebutkan permasalahan lain yang harus dibenahi pada periode baru ini. Mulai dari ketidakpastian gejolak ekonomi world dan geopolitik world, maupun perekonomian nasional yang masih dalam pemulihan. 

DPR, kata Puan, melalui fungsi-fungsi konstitusionalnya harus melakukan intervensi untuk menemukan penyelesaian untuk permasalahan yang dihadapi Indonesia. “Dengan kebijakan negara dalam politik hukum, politik anggaran, dan politik pembangunan, untuk merespons berbagai tantangan di dalam membangun Indonesia,” ujarnya.

Iklan

Melalui Pemilu, kata Puan, rakyat sudah menitipkan harapannya kepada para anggota DPR. Kekuasaan yang dimiliki anggota DPR diharapakan bisa mengubah kehidupan rakyat agar makin sejahtera. Puan mengingatkan, anggota DPR bertugas menjalankan amanat rakyat dengan sebaik-baiknya.

“Kita harus mawas diri dalam menjalankan jabatan sebagai wakil rakyat,” kata Puan.

Pilihan Editor: Pergantian Caleg Terpilih Sebelum Pelantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *