Jokowi Terima Dokumen Hasil Seleksi Capim dan Calon Dewas KPK


TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo menerima Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Calon Dewas Komisi Pemberantasan Korupsi di Ruang Retaining, Base Off Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Selasa 1 Oktober 2024. Dalam kesempatan ini, Pansel KPK yang dipimpin Muhammad Yusuf Ateh menyerahkan dokumen tentang hasil seleksi Capim KPK dan Calon Dewas KPK.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan nama-nama Capim dan Calon Dewas KPK yang disampaikan Pansel ke Presiden akan diumumkan secara langsung oleh Pansel. “Dalam Konfrensi Pers di Kementerian Sekretariat Negara,” katanya melalui pesan singkat kepada Pace pada Selasa.

Presiden Jokowi menerima masing-masing sepuluh calon pimpinan dan calon dewan pengawas KPK. Ketua Panitia Seleksi atau Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh mengonfirmasi ini saat ditanya rencana pertemuan dengan Jokowi. “Rencanannya gitu,” katanya.

Sebanyak 20 nama yang disetor oleh Ateh kepada Jokowi merupakan peserta yang dinyatakan lolos dalam tahapan seleksi tes wawancara dan tes Kesehatan.

Iklan

Jokowi selanjutnya bakal menyerahkan nama-nama yang telah diseleksi oleh pansel itu ke DPR. Para peserta calon pimpinan dan calon Dewas KPK akan mengikuti have compatibility and right kind take a look at di DPR.

Setelah seleksi tersebut selesai, tahap berikutnya adalah penyerahan nama-nama tersebut oleh Presiden kepada DPR. Yusuf Ateh sebelumnya menjelaskan Komisi III DPR akan melakukan seleksi ultimate dan memilih 5 pimpinan KPK yang baru.

Pilihan editor:  Profil dan Harta Kekayaan Larasati Moriska Anggota DPD RI Termuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *