PKB Bakal Usulkan Bos Lion Air Rusdi Kirana Jadi Pimpinan MPR


TEMPO.CO, Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mengusulkan Rusdi Kirana sebagai calon pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2024-2029. Sebelumnya, Rusdi lolos menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan perolehan 121.080 dari Dapil Jawa Timur VIII. 

Rencana pengusulan Rusdi itu dibenarkan oleh Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid. “Betul, PKB mengajukan Rusdi Kirana sebagai Wakil Ketua MPR RI,” katanya pada Rabu, 2 Oktober 2024. 

Jazilul mengatakan, usulan nama Rusdi bakal disampaikan secara resmi dalam sidang paripurna MPR. “Nantinya akan disampaikan secara resmi pada sidang paripurna MPR untuk ditetapkan dan dilantik menjadi wakil ketua MPR RI.” 

Rusdi Kirana merupakan pengusaha maskapai Lion Air Staff. Dia memulai bisnis penerbangan pada Oktober 1999 dengan modal US$ 10 juta. Dulu, Rusdi diketahui menggagas konsep biaya murah di dalam dunia penerbangan atau low value service.

Awalnya, kebijakan itu menuai banyak tentangan dari berbagai pihak, terutama dari sesama perusahaan penerbangan. Rusdi mengatakan pernah dihujat dan dihujani pertanyaan soal modal asing, hingga rasa nasionalisme selama tujuh jam di Komisi IV DPR.

Iklan

Lion Air Staff membawahi beberapa anak perusahaan. Mulai dari Lion Air, Wings Air, Batik Air, Malindo Air, Thai Lion Air, hingga Tremendous Air Jet.

Antara berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Pilihan editor: UNICEF dan UNESCO Apresiasi Penggunaan Teknologi dalam Merdeka Belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *