Pramono Anung soal Persiapan Debat Perdana Pilgub Jakarta: Ini Bukan Hal Baru Bagi Saya


TEMPO.CO, Jakarta – Calon gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung, menyatakan sudah siap berlaga dalam debat perdana Pilgub Jakarta. Sebab, mempersiapkan materi debat bukanlah hal baru baginya.

“Jadi kalau secara materi kami sudah siap dan ini bukan hal yang baru bagi saya pribadi. Saya sudah berkali-kali menjadi pendamping utama untuk calon presiden,” kata Pramono usai menghadiri acara Deklarasi Relawan Pa’ Doel di rumah makan Raden Bahari, Jakarta Selatan, pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Calon presiden yang dimaksud oleh politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut adalah Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo. Ia mengaku sudah lima kali menjadi pendamping utama, tiga kali untuk Megawati dan dua kali untuk Jokowi.

“Ketika Ibu Megawati dengan Pak Prabowo tahun 2009, pendamping utamanya saya, bahkan yang melatih untuk berpidato, substansi, materi dan sebagainya,” kata Pramono kepada masyarakat di Ecopark Kayara, PIK, Jakarta Utara pada Sabtu, 28 September 2024.

Pramono juga mengatakan sudah berdiskusi dengan pasangannya, Rano Karno, dan tim pemenangan terkait materi yang dipersiapkan menjelang debat. Materi tersebut, kata Pramono, secara tersirat maupun tersurat sudah pernah disampaikannya ketika melakukan sosialiasi ke masyarakat.

Terpisah, Ketua Tim Pemenangan Pramono Anung-Rano Karno, Lies Hartono atau yang akrab dipanggil Cak Lontong, mengatakan bahwa Pramono-Rano sudah mempersiapkan diri untuk memimpin Jakarta. Sehingga, persiapannya bukan lagi hanya menyangkut debat.

“Debat ini salah satu proses yang harus dilalui untuk bisa menjadi pemimpin di Jakarta. Jadi persiapannya bukan khusus menyiapkan debat, tapi sejak awal beliau berdua sudah siap mempersiapkan segalanya untuk menjadi pemimpin di Jakarta,” kata Cak Lontong dalam konferensi pers yang digelar di rumah tim pemenangan di Jalan Cemara No. 19, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Iklan

Debat perdana paslon gubernur dan wakil gubernur Jakarta akan diselenggarakan di Grand Ballroom JIExpo Conference Centre, Jakarta Utara, pada Ahad malam, 6 Oktober 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta juga telah menetapkan tema debat perdana, yaitu transformasi Jakarta menjadi kota international.

“Untuk debat pertama temanya ‘Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota International’,” ujar Ketua Divisi Knowledge dan Informasi KPU Jakarta, Fahmi Zikrillah, saat dihubungi di Jakarta pada Rabu, 2 Oktober 2023, seperti dikutip dari Antara.

Durasi debat akan berlangsung selama 150 menit dengan pembagian waktu 120 menit untuk ajang debat dan 30 menit untuk jeda iklan. Berbeda dengan pelaksanaan debat pemilihan presiden, calon gubernur dan wakil gubernur akan hadir bersama dalam debat.

Alfitria Nefi P dan Savero Aristia Wienanto berkontribusi dalam penulisan artikel ini. 

Pilihan Editor: Debat Perdana Pilkada Jakarta Boleh Bawa Contekan, KPU: Asal Jangan Buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *