Suswono Soal Tak Boleh Gunakan Singkatan Saat Debat Pilkada: Terlalu Naif Kalau Sekadar Menjebak


TEMPO.CO, Jakarta – Calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Suswono menanggapi soal peraturan dari Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jakarta, yang tak memperbolehkan memakai singkatan saat debat Pilkada 2024. 

Menurutnya, sudah sewajarnya singkatan tidak digunakan dalam debat, sebab bisa menimbulkan perbedaan makna. “Saya kira terlalu naif lah kalau sekadar menjebak dengan singkatan,” kata Suswono di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Jakarta Pusat, pada Kamis, 4 Oktober 2024. 

Politikus PKS ini menjelaskan apa saja yang akan menjadi fokus pasangan Ridwan Kamil-Suswono (Rido), terkait tema debat perdana yaitu Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota International. “Seperti dalam visi ingin menjadikan Jakarta Baru karena sudah tidak lagi menjadi Ibu Kota,” kata Suswono. 

Karena sudah menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ), pasangan Rido berencana menjadikan Kota Jakarta sebagai kota world yang maju dengan karya inovatif, berkeadilan, dan sejahtera. “Itukan visi Rido,” ucap Suswono. 

KPU DKI Jakarta mengingatkan tiga paslon agar tidak menggunakan singkatan atau istilah kurang familier (umum) dalam tanya jawab debat Pilkada Jakarta.

“Jadi, untuk segmen keempat dan kelima ini kan tanya jawab antar pasangan calon. Kalaupun menggunakan istilah yang kurang familier harus dijelaskan,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta, Astri Megatari, seperti dilansir Antara, pada 3 Oktober 2024.

Iklan

Menurut Astri, jika paslon menjelaskan istilah yang kurang familier, akan memotong durasi waktu mereka saat bertanya atau menjawab. Namun, hal tersebut tergantung strategi setiap paslon dalam mengajukan pertanyaan terhadap paslon lain.

Debat perdana cagub-cawagub Pilgub Jakarta akan berlangsung di Jakarta Global Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu, 6 Oktober 2024  pukul 19.00 WIB. Debat diadakan sebanyak tiga kali, dan bekerja sama dengan televisi penyelenggara. Para pasangan tiga calon baik dari pihak gubernur maupun wakil gubernur akan hadir bersama.

Pilihan Editor: Debat Perdana Pilkada Jakarta, Bagaimana Kesiapan Ridwan Kamil, Dharma Pongrekun, dan Pramono Anung?

Rachel Farahdiba Regar berkontribusi dalam penulisan artikel ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *