Antusiasme Warga Saksikan Peringatan HUT ke-79 TNI di Monas


TEMPO.CO, Jakarta – Masyarakat berbondong-bondong mendatangi lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 5 Oktober 2024. Mereka datang untuk menyaksikan rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia atau HUT ke-79 TNIhttps://www.tempo.co/tag/hut-ke-79-tni.

Warga datang dari Jakarta dan sekitarnya. Berdasarkan pantauan Pace, pengunjung sudah memadati lapangan Monas bagian timur sejak pukul 06.00 WIB.

Pada peringatan HUT TNI, akan ada penampilan parade militer dan akrobat pesawat tempur Angkatan Udara. Hal inilah yang menarik perhatian warga, salah satunya Rakmidin. Menurut penjual minuman itu, antusiasme tersebut berlangsung saban tahun.

“Setiap tahun pasti ramai, sudah menjadi sarana hiburan bagi warga,” kata Rakmidin kepada Pace, Sabtu pagi.

Sementara Rakmidin datang untuk berjualan, Elviani Nengsih dan dua anaknya hadir untuk berlibur. Mereka datang dari Bogor, Jawa Barat.

Elviani mengatakan dia memang sengaja membawa dua anak laki-lakinya menyaksikan serangkaian pertunjukan alutsista TNI. “Iya, anak saya ini suka sekali nonton konten senjata dan tentara di YouTube, makanya saya ajak,” ujarnya.

Iklan

Pengunjung kebanyakan membawa serta anak-anak mereka. Selain diramaikan warga sipil, peringatan HUT TNI disesaki oleh keluarga serdadu. Peringatan HUT TNI memang terbuka untuk masyarakat umum. Ribuan serdadu dari tiga matra TNI juga tampak memadati lapangan sekitar tugu Monas.

Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat negara juga bakal menghadiri peringatan HUT TNI tahun ini. Ini adalah momen terakhir Presiden Jokowi menghadiri HUT TNI sebelum lengser pada 20 Oktober mendatang. 

Jokowi akan digantikan Prabowo Subianto, eks Komandan Jenderal Kopasus. Prabowo kini menjabat Menteri Pertahanan. Prabowo dan wakilnya, Gibran Rakabuming Raka akan dilantik pada 20 Oktober mendatang.

Pilihan Editor: Peringatan HUT ke-79 TNI di Monas Hari ini: Parade, Atraksi Trimatra hingga Pameran Alutsista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *