Presiden Jokowi Bertolak ke IKN, Hadiri Nusantara TNI Amusing Run


TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo bertolak menuju Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Jokowi yang didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo lepas landas dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu siang pukul 13.30 menumpangi pesawat kepresidenan.

“Esok hari presiden dan Ibu negara diagendakan untuk menghadiri Nusantara TNI Amusing Run,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana dalam keterangan tertulis, Sabtu, 5 Oktober 2024.

Nusantara TNI Amusing Run merupakan time table dalam rangka memeriahkan har uang tahun ke-79 TNI. Kegiatan ini diikuti oleh pelbagai unsur Mulai dari TNI, media hingga masyaralat umum.

Yusuf melanjutkan, setibanya di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, presiden dan rombongan akan berganti moda transportasi Udara, yaitu dengan menumpangi Helikopter Tremendous Puma milik TNI Angkatan Udara.

“Berganti moda transportasi untuk menuju IKN,” ujar Yusuf.

Di IKN, kata dia, presiden dan Ibu negara akan bermalam Sebelum melanjutkan kegiatan, yaitu menghadiri Nusantara TNI Amusing Run 2024.

Iklan

Adapun kunjungannya, mantan Wali Kota Solo itu turut didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno; Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo; Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni; Komandan Pasukan Pengamanan Presiden Mayor Jenderal Achiruddin dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Pemerintahan Presiden Jokowi akan berakhir pada 20, Oktober mendatang. Ia akan digantikan pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka selaku pemenang dalam pemilihan presiden lalu.

Pun, jelang berakhirnya masa jabatan, Jokowi acapkali memberikan salam perpisahan dan permintaan maaf. Teranyar, Jokowi menyampaikan permintaan maaf manakala melakukan kunjungan kerja di Nusa Tenggara Timur.

“Bapak, ibu, seluruh warga yang saya hormati, saya adalah manusia biasa yang penuh dengan kesalahan, yang penuh dengan kekurangan, yang penuh dengan kekhilafan,” kata Jokowi di Pasar Kefamenanu, Timor Tengah Utara, NTT, pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Daniel Ahmad Fajri berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Pilihan Editor: Jokowi Harap TNI Berbenah di Tengah Ancaman Siber dan Memanasnya Tensi Geopolitik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *