Kun Wardana Ingin Warga Unggah Konten Seni untuk Lestarikan Budaya Betawi


TEMPO.CO, Jakarta – Calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 2, Kun Wardana, mengatakan warga Jakarta bisa mengunggah konten di media sosial demi melestarikan budaya Betawi. 

Hal tersebut diutarakannya ketika diberi pertanyaan oleh panelis mengenai subtema budaya Betawi. Secara spesifik, ia diminta menawarkan solusi untuk menjaga identitas budaya Betawi agar tidak punah dalam debat perdana di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Kun, hal terpenting adalah dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya budaya Betawi. “Membangun sejak dini pendidikan berbasis budaya, dimulai dari SD,” kata Kun pada Ahad, 6 Oktober 2024. 

Ia juga menambahkan, masyarakat perlu diberikan sarana dan prasarana pendukung agar mereka bisa melestarikan budaya Betawi, salah satunya dengan membangun pusat komunitas masyarakat. Di pusat komunitas tersebut, kata Kun, nantinya akan didukung dengan fasilitas web free of charge.

Dengan fasilitas pendukung tersebut, Kun mengatakan warga Jakarta bisa mengunggah konten seni budaya Betawi sebanyak-banyaknya. “Merambah dunia international dengan kekuatan dari budaya betawi itu sendiri,” kata dia.

Iklan

Debat perdana ini mengusung tema “Penguatan SDM dan transformasi Jakarta menjadi kota international” dan merupakan satu dari tiga rangkaian debat yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam schedule Pilkada 2024.

Dalam debat ini, paslon jalur independen, Dharma-Kun, melawan paslon nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, beserta paslon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Hanura, dan Partai Ummat.

Pilihan Editor: Pramono Anung-Rano Karno Ingin Adakan Benyamin S Award

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *