Pramono Anung Ogah Kritik Individu saat Debat Perdana Malam Nanti


TEMPO.CO, Jakarta – Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung menegaskan dirinya tidak akan menyerang maupun mengkritik pasangan calon (paslon) lain saat melakukan debat perdana malam nanti.

Ngapain dikritik, enggak usah dikritik. Tapi kalau saya diserang, saya terima kasih,” kata Pramono saat ditemui media di Jakarta Timur, pada Ahad, 6 Oktober 2024.  

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengatakan ia akan fokus memberikan tawaran program terhadap pemilih saat melakukan debat. Ia yakin bahwa programnya akan berbeda dengan paslon lain sehingga dapat menjadi opsi pilihan bagi rakyat.

“Dalam debat, bagi saya yang paling penting, pemilih itu diberikan tawaran alternatif program,” ujar mantan Sekretaris Kabinet itu. 

Sementara itu, juru bicara tim pemenang calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Aldy Perdana Putra memastikan Pramono-Rano Karnotidak akan menyerang individu lain saat adu gagasan ketika debat berlangsung. “Dipastikan Mas Pram dan Bang Doel tidak akan menyerang siapapun,” kata Aldy saat dihubungi Pace melalui aplikasi perpesanan WhatsApp pada Ahad, 6 Oktober 2024.

Aldy mengatakan, baik Pramono maupun Rano akan berfokus untuk mensosialisasikan program-programnya yang merupakan solusi dari permasalahan yang ada di Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta akan menyelenggarakan debat perdana pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jakarta, pada Ahad, 6 Oktober 2024, bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara. Ajang adu gagasan itu akan dilaksanakan secara terbuka dan juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube KPU Provinsi Jakarta.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta, Astri Megatari, mengatakan bahwa debat yang akan diikuti oleh tiga paslon Pilgub Jakarta yakni Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan Pramono Anung-Rano Karno itu akan berlangsung selama 150 menit. Debat akan dimulai pada pukul 19.00 sampai 21.30 WIB.

Iklan

“Debat perdana di tanggal 6 Oktober nanti itu akan diselenggarakan di JIExpo Kemayoran mulai pukul 7 malam,” kata Astri saat ditemui di gedung KPU Jakarta, pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Ajang adu gagasan ini akan terbagi ke dalam enam segmen. Untuk segmen pertama, KPU akan melakukan pembukaan dan pembacaan tata tertib pelaksanaan debat. Pada kesempatan yang sama, setiap paslon akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi, misi, dan program.

Kemudian, di segmen kedua dan ketiga, para paslon akan memberikan pendalaman visi, misi, dan program, dengan dipandu oleh moderator. Selanjutnya, di segmen keempat dan kelima, para paslon akan diberikan kesempatan untuk menjawab dan saling lempar pertanyaan yang dilayangkan oleh lawan debatnya.

Seluruh rangkaian debat akan ditutup di segmen keenam. Pada segmen ini, para paslon diberikan kesempatan untuk menyampaikan last commentary mereka.

Seputar pembagian kesempatan berbicara saat sesi debat, Astri mengatakan bahwa hal tersebut akan disesuaikan dengan nomor urut. “Kalau tadi hasil dari technical assembly, sesuai nomor urut. Jadi nanti urutannya dari 1, 2, 3,” kata Astri.

Dalam debat perdana dengan tema “Penguatan SDM dan transformasi Jakarta menjadi kota international” ini, KPU telah menunjuk dua presenter yakni Ariyo Adi dan Annisa Dasuki sebagai moderator. KPU juga telah memilih tujuh panelis yang menyusun pernyataan untuk peserta.

Pilihan Editor: Pengamat Sarankan Paslon Saling Kritik di Debat Pilkada Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *