Suswono Sebut Akan Tanam 3 Juta Pohon untuk Perbaiki Kualitas Udara Jakarta


TEMPO.CO, Jakarta – Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1 Suswono menjawab pertanyaan pada debat perdana Pilgub Jakarta, pada Ahad malam, 6 Oktober 2024. 

Pertanyaan itu mengenai kualitas udara Jakarta yang buruk di dunia dengan rata-rata air high quality index 120 hingga 170 yang termasuk kategori tidak sehat. Pada saat yang bersamaan Jakarta sedang bertransformasi menjadi kota international seiring dengan perubahan standing menjadi daerah khusus Jakarta. 

Menanggapi pertanyaan itu, Suswono mengatakan masalah polusi harus dikelola dengan baik dengan cara meningkatkan atau memperbanyak penanaman tanaman untuk menyerap karbondioksida atau C02. “Kami punya goal 3 juta pohon yang akan ditanam di Jakarta,” kata dia, Ahad. 

Dia juga akan memberikan Rp 1 miliar in line with Rukun Warga (RW) dalam satu tahun yang nantinya digunakan untuk berkarya.  “Di situlah padat karya dengan pembahasan kerja,” kata Suswono. 

Selain itu, saat berkeliling berkampanye, Suswono mengaku masih banyaknya keluhan dari masyarakat tentang berbagai hal. Untuk solusinya, pasangan Ridwan Kamil-Suswono (Rido) akan membuka pelayanan hotline langsung ke kantor gubernur. “Kita lakukan adalah pengaduan langsung,” ujarnya. 

Iklan

Pasangan Rido akan memaksimalkan pelayanan virtual, sehingga rakyat bisa dengan mudah mengajukan pengaduan.  Dengan begitu, Jakarta bisa dikelola dengan baik, tidak mubadzir. “Karena ada indikasi korupsi masih tinggi,” jelas Suswono. 

Pada Ahad malam ini berlangsung debat perdana Pilgub Jakarta 2024. Debat bertema Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota International ini mempertemukan tiga paslon, yaitu Ridwan Kamil-Suswono, Dharma Pongrekun-Kun Wardana dan Pramono Anung-Rano Karno.

Pilihan Editor: Suswono: Materi Debat Sudah Ada, Tinggal Pedalaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *