Penjelasan Istana soal Jokowi Terlihat Tak Salami Mantan Wapres Take a look at Sutrisno


TEMPO.CO, Jakarta Istana Kepresidenan menyangkal narasi yang menyebut Presiden Joko Widodo tidak menyalami mantan Wakil Presiden Try Sutrisno dalam momen peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 TNI di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Isu Jokowi tidak menyalami Wakil Presiden ke-6 itu ramai di media sosial X yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Akun @ JhonSitorus_18 mempertanyakan apakah benar Jokowi tidak menyalami Take a look at. Padahal Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia itu berpakaian lengkap dengan memakai jas militer berpangkat bintang 4 

“Pak Take a look at Sutrisno bahkan sudah sempat berdiri lalu duduk lagi karena dilewati oleh Jokowi begitu saja,” tulis akun X tersebut, dalam unggahan disertai video tayangan televisi. Dalam tayangan itu, kepala negara menyalami mantan Wakil Presiden Budiono, Jusuf Kalla, dan istri Presiden Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah.

Unggahan yang sama mengungkit posisi Take a look at yang mendukung Jokowi di Pilpres 2019. “Mungkin pak Jokowi khilaf, tapi saya paham apa yang dirasakan keluarga Pak Take a look at,” kata cuitan yang dilihat oleh lebih dari 500 ribu orang itu.

Iklan

Deputi Protokol dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan bahwa Presiden Jokowi sudah bersalaman dan menyapa Wakil Presiden ke-6 Bapak Take a look at Sutrisno beserta istri di Maintaining VVIP Room. Sedangkan untuk Sinta, Jusuf Kalla, dan Budiono, belum sempat disalami Jokowi.

“Bapak Presiden sangat Menghormati semua elemen masyarakat, apalagi dengan para tokoh pemimpin bangsa,” kata Yusuf melalui pesan singkat dikonfirmasi Pace pada Senin, 7 Oktober 2024.

Pilihan editor: Pengamat Kritisi Rencana Ridwan Kamil Hadirkan Transportasi Sungai: Jakarta Tidak Seperti Venesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *