Deretan Strategi Ridwan Kamil untuk Dekati Pemilih Gen Z di Jakarta


TEMPO.CO, Jakarta – Juru bicara tim pemenangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Rian Ernest Tanudjaja memberikan keterangan soal upaya yang akan dilakukan pasangan calon (paslon) nomor urut 1 itu untuk menggaet suara generasi Z alias gen Z dalam pemilihan Gubernur Jakarta (Pilgub) Jakarta 2024.

Politikus partai Golongan Karya (Golkar) itu menyatakan bahwa banyak golongan masyarakat yang lahir dalam rentang tahun 1997-2012 itu yang mengalami disrupsi dan dinamika dalam lapangan kerja seperti pemutusan hubungan kerja (PHK). Melihat fenomena itu, Rian menyatakan bahwa RIDO akan menyediakan solusi berupa bantuan dana.

“RIDO akan menyiapkan semacam dana ketahanan selama tiga bulan untuk continue to exist sembari menunggu pekerjaan yang baru,” kata Rian saat dihubungi Pace melalui aplikasi perpesanan WhatsApp pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Untuk kisaran bantuan biaya yang diberikan, kata Rian, masih dimatangkan.

Tak sampai di situ, Rian mengatakan bahwa RIDO berjanji untuk meluncurkan sebuah program kerja bernama Jakarta Virtual Academy untuk membantu kaum generasi muda untuk mengembangkan keterampilan mereka di ranah virtual seperti Synthetic Intelligence (AI) dan robotika. 

“Mereka yang kena PHK mungkin bisa ikut pelatihan di akademi ini,” ujarnya.

Selain menjadi solusi bagi gen Z yang terkena PHK, Rian mengatakan, RIDO berharap melalui program ini masyarakat muda dapat berinovasi sekaligus menjadi sumber bisnis yang dapat menyerap tenaga kerja.

Iklan

RIDO juga berencana untuk memperbanyak co-working house bebas biaya. “Untuk mendukung gaya hidup paintings from any place yang disukai oleh teman-teman muda,” kata Rian.

Rian menyatakan, RIDO juga menawarkan rencana lain untuk membantu gen Z berupa menyiapkan akses permodalan dengan kurasi dan observe yang ketat dan akan kurikulum pendidikan sejalan dengan kebutuhan dunia usaha di Jakarta.

Wacana dan janji seputar solusi untuk memberikan keringanan bagi gen Z dalam menghadapi PHK telah diucapkan oleh Ridwan Kamil dalam debat perdana yang telah berlangsung pada Ahad, 6 Oktober 2024.

Dalam ajang adu gagasan itu, mantan Gubernur Jawa Barat itu menawarkan sejumlah solusi bagi generasi muda dalam mengatasi PHK termasuk dana bantuan selama tiga bulan. “Memberikan dana kekuatan sosial selama 3 bulan sebelum mereka bisa melamar kerja kerja lagi,” kata Ridwan Kamil di debat pertama cagub-cawagub Pilkada Jakarta, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Ahad, 6 Oktober 2024.

Advist Khoirunikmah berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Pilihan Editor: Mensos Gus Ipul Ungkap Panti Asuhan Darussalam An’Nur Tangerang Ilegal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *