Indonesia Akan Kirim Bantuan Kemanusiaan Rp 15 Miliar untuk Palestina hingga Vietnam


TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan ke empat negara, yakni Yaman, Sudan, Palestina, dan Vietnam masing-masing senilai US$ 1 juta atau Rp 15 miliar. Pengiriman bantuan kemanusiaan akan berlangsung pada 14 Oktober 2024. 

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan sudah tiga kali mengirim bantuan ke Palestina sebesar US$ 4,07 juta sebelumnya. Sedangkan untuk Sudan, pemerintah mengirim satu kali bantuan senilai US$ 1 juta. 

“Rapat gabungan telah memutuskan untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang berasal dari Dana Siap Pakai (DSP) yang dikelola BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana),” kata Muhadjir dalam konferensi pers di kantor Kemenko PMK pada Selasa, 8 Oktober, 2024. 

Yaman dan Sudan adalah dua negara yang dilanda kekerasan akibat konflik. Kondisi di kedua negara itu diperparah dengan bencana banjir yang menyebabkan krisis kemanusiaan. Kemudian, di Palestina, serangan genosida dari Israel yang telah berlangsung selama satu tahun telah menewaskan setidaknya 41.615 warga. Di Vietnam, negara itu mengalami topan Yagi. Sebanyak 127 orang tewas karena bencana topan.

Indonesia juga akan mengirimkan bantuan untuk Sudan yang dikoordinasikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). “Bantuan dari masyarakat senilai US$ 78,5 ribu akan turut dikirimkan bersama-sama dengan bantuan dari pemerintah,” kata dia. Untuk Vietnam yang mengalami bencana topan pada September 2024, pemerintah akan memberikan bantuan secara tunai melalui Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional atau DKPI.

Pilihan editor: Setahun Genosida Israel, 1 dari 55 Warga Palestina di Gaza Tewas Terbunuh

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *