Jokowi Pulang ke Solo Seusai Prabowo-Gibran Dilantik: Mau Tidur


TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan langsung pulang ke Solo, Jawa Tengah, usai pelantikan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden, Ahad, 20 Oktober 2024.

“Pada tanggal 20 Oktober 2024 sore, saya pulang ke Solo,” ujar Jokowi usai menghadiri pembukaan BNI Investor Day by day Summit 2024 di Jakarta Conference Middle, seperti dilansir Antara, Selasa, 8 Oktober 2024.

Jokowi mengaku tidak ada kegiatan usai acara pelantikan tersebut. Ia akan beristirahat setibanya di Solo. “Pulang ke Solo dahulu, tidur,” kata dia.

Jokowi yakin transisi pemerintahan berjalan mulus. Presiden baru langsung bergerak karena Prabowo  selalu menghadiri rapat dan sidang kabinet untuk konsolidasi sejak dinyatakan sebagai pemenang pilpres oleh Komisi Pemilihan Umum.

“Yang saya senang, sejak beliau (Prabowo) terpilih, sebagai (calon) presiden terpilih, persiapan menuju ke pelantikan itu betul-betul secara rencana kerja, program, dan lain-lain, transisinya berjalan dengan baik,” kata Jokowi.

Jokowi rencananya memang akan pulang ke Solo setelah digantikan Prabowo. Jokowi akan terlebih dahulu menghadiri acara pelantikan Prabowo di Gedung DPR. Kemudian Istana akan menggelar prosesi sambut Prabowo dan pisah Jokowi di hari yang sama usai kegiatan di Senayan.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan rumah pensiun Jokowi di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, belum siap huni. “Kelihatannya belum, karena seharusnya itu kan pembangunan rumah dari negara kepada calon mantan presiden dan calon mantan wakil presiden itu sudah lama harusnya, tapi Pak Presiden Jokowi ‘nggak nggak, nanti aja, nanti aja, nanti aja’,” kata dia.

Iklan

Pada akhir periode pertama Jokowi, kata Pratikno, Kementerian Sekretariat Negara sudah menjalankan kewajiban untuk menawarkan rumah dari negara kepada Jokowi. Namun Jokowi menyampaikan tidak atau belum memikirkan rumah pensiun tersebut.

Begitu juga hingga masuk periode kedua, Pratikno mengklaim Jokowi tidak terlalu memikirkan pembangunan rumah pensiun. “Beliau ‘enggak, enggak’. Itu akhirnya sekarang belum jadi itu. Jadi mulainya tertunda, terlambat karena keinginan beliau,” kata Pratikno.

Rumah pensiun Jokowi pemberian dari negara berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Proses pembangunan rumah tersebut dimulai sejak Juli ini. Hunian tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 12.000 meter persegi.

DANIEL A FAJRI | ANTARA

Pilihan Editor: Disebut Mulai Kemas-kemas, Berikut Seputar Rencana Jokowi Usai Lengser 20 Oktober

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *