Angka Kepuasan Publik terhadap Jokowi Dipengaruhi Bansos dan Infrastruktur


TEMPO.CO, Jakarta – Dosen Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, menduga ada dua faktor yang mempengaruhi hasil survei kepuasan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo di akhir masa jabatannya. Satu di antaranya penyaluran bantuan sosial atau bansos.

Adi menilai penyaluran bansos pada masa pemerintahan Jokowi signifikan. “Bantuan-bantuan sosial itu bukan hanya untuk masyarakat yang tidak aman, tapi juga UMKM,” kata Adi saat ditemui di Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Menjelang lengser, Jokowi beberapa kali blusukan untuk membagi-bagikan bansos dan kaus. Saat melakukan kunjungan kerja di Nusa Tenggara Timur, Jokowi memberikan kaus kepada masyarakat. 

Adapun sigi Indikator Politik mencatat 75 persen masyarakat Indonesia puas dengan kinerja Jokowi. Angka kepuasan masyarakat terhadap presiden turun dibandingkan dengan Juli 2024 sebesar 82 persen.

Survei yang dirilis pada 4 Oktober 2024 itu melibatkan 3.540 responden di seluruh Indonesia. Periode survei  dilakukan pada 22 sampai 29 September 2024. Adi mengatakan selain bansos,  infrastruktur menjadi faktor pendorong tingkat kepuasan.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesi itu menyebut Jokowi masif membangun infrastruktur selama memerintah. “Pembangunan infrastruktur terjadi di mana-mana,” kata Adi.

Pembangunan infrastruktur di generation Jokowi bukan tanpa cela. Sejumlah proyek infrastruktur pemerintah menuai kritik. Direktur Eksekutif Amnesty World Indonesia Usman Hamid pada Agustus lalu menyatakan kebijakan pembangunan Jokowi kerap mengancam masyarakat adat pemegang ulayat dan lingkungan.

Usman menilai banyak masyarakat adat yang lahannya tidak diakui secara formal oleh pemerintah. Situasi tersebut menyebabkan masyarakat adat dalam posisi rentan terhadap konflik agraria.

Hendrik Yaputra bekonrtibusi dalam penulisan artikel ini.

Pilihan editor: Bahlil Klaim Jokowi-Prabowo Semakin Lengket: Paten Punya Pandangan Sama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *