Bahlil Klaim Jokowi-Prabowo Semakin Lengket: Paten Punya Pandangan Sama


TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia mengklaim bahwa hubungan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo semakin lengket. Bahlil menegaskan bahwa Pemerintahan Prabowo pada prinsipnya adalah keberlanjutan dari Jokowi.

“Ya semakin mantap, semakin paten dan sudah punya pandangan yang sama bahwa program ini berkelanjutan yang sudah bagus akan dilanjutkan,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ini di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Bahlil menyampaikan ini saat merespons pertemuan Jokowi dan Prabowo di restoran Hutan Kota Plataran, kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Selasa, 8 Oktober 2024. Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ini mengaku tidak tahu menahu mengenai isi perbincangan keduanya.

Prabowo dan Jokowi makan malam hingga berdiskusi selama dua jam. Ketua Umum Partai Gerindra ini mengatakan bahwa ia dan Jokowi saling bertukar pikiran berkaitan dengan kepentingan negara, bangsa, dan rakyat Indonesia.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa Jokowi selalu menjalin komunikasi yang erat dan intens dengan Prabowo di setiap kesempatan. Baik dalam discussion board formal maupun pertemuan casual. 

“Kebersamaan antardua pemimpin bangsa ini sangat diperlukan untuk memastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan baik dan lancar,” kata Ari dalam pesan singkat saat dikonfirmasi Pace pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Iklan

Ari mengatakan pada saat makan malam dibicarakan berbagai hal, terutama terkait keberlanjutan program-program pemerintahan ke depan.

Sementara Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad tidak menjawab secara lugas saat ditanya pertemuan Jokowi dan Prabowo. Ia juga tidak merespons soal isi pertemuan kedua tokoh.

“He-he-he kan biasa makan malam,” kata Dasco melalui pesan singkat kepada Pace pada Selasa malam.

Prabowo akan menggantikan Jokowi setelah dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober 2024. Prabowo akan memimpin pemerintahan bersama Gibran Rakabuming Raka, putra Jokowi. Prosesi pengucapan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden terpilih akan dilaksanakan dalam Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Dalam Pilpres 2024, Prabowo, Menteri Pertahanan aktif, mengusung tema keberlanjutan.

Pilihan Editor: Pertemuan Jokowi – Prabowo, Bahas Peluang PDIP Masuk Pemerintahan Selanjutnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *