Cerita Mensesneg Pratikno Dampingi Presiden Jokowi Selama 10 Tahun


TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Sekretaris Negara atau Mensesneg Pratikno mengungkapkan kesannya selama mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi di pemerintahan selama 10 tahun. Dia menyebut, Presiden Jokowi sebagai sosok yang selalu bekerja keras.

“Walaupun macet, saya itu sempatkan untuk pulang. Tapi, bapak Presiden itu nggak pernah pulang. Stamina fisiknya luar biasa,” ucap Pratikno di ruang pers Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2024.

Diketahui, Presiden Jokowi beberapa bulan saat awal menjabat sempat tinggal di Wisma Istana Jakarta sebelum memutuskan untuk menetap di Istana Bogor.

Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada itu pun terkesan setiap kali melihat Presiden Jokowi mengenakan batik yang relatif beragam di setiap acara.

“Pak Presiden, itu koleksi bapak? Batik itu, kan, bagus-bagus,” ujar Pratikno.

Pratikno menceritakan hal tersebut ketika melihat Presiden Jokowi mulai mengemas dan berbenah barang yang masih ada di Istana Kepresidenan menjelang lengser pada 20 Oktober 2024.

Pratikno menyebutkan bahwa Jokowi sudah mulai berkemas-kemas dengan membenahi foto hingga buku yang berada di meja kerja dan lemarinya selama menjabat sebagai presiden dua periode.

Masa jabatan pemerintahan Presiden Jokowi akan berakhir dan digantikan presiden terpilih Prabowo Subianto. Setelah lengser, Presiden Jokowi direncanakan kembali pulang ke Solo, Jawa Tengah.

Iklan

Rencananya, Jokowi akan terlebih dahulu menghadiri acara pelantikan Prabowo sebagai presiden terpilih di Gedung DPR. Kemudian Istana akan menggelar prosesi sambut Prabowo dan pisah Jokowi di hari yang sama seusai kegiatan di Senayan.

Adapun Presiden Jokowi tidak menjawab dengan lugas saat ditanya awak media perihal -rencana lanjutan setelah lengser. Eks Gubernur Jakarta saat ditemui seusai acara BNI Day by day Summit di Jakarta Conference Middle pada Selasa, 8 Oktober 2024, hanya mengatakan akan pulang ke Solo.

“Tanggal 20 Oktober sore, saya pulang,” ucap Jokowi.

Sementara Pratikno menjadi satu dari beberapa nama yang ditengarai telah diusulkan oleh Presiden Jokowi ke Presiden terpilih Prabowo.

Setidaknya ada lebih dari empat menteri yang diusulkan Jokowi untuk mengisi kabinet baru di pemerintahan selanjutnya. Para calon menteri itu adalah orang-orang dekat Jokowi.

Pilihan Editor: Pratikno Pastikan Jokowi Hadiri Pelantikan Prabowo sebagai Presiden

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *