Kabupaten Serang Rayakan Ulang Tahun ke-498, Andika Hazrumy: Selangkah Lagi Menuju Daerah Maju


INFO NASIONAL – Calon Bupati Serang Andika Hazrumy optimistis dengan masa depan daerah tersebut. “Dengan semua yang sudah not off course, bisa dibilang selangkah lagi menuju daerah yang maju dan sejahtera warganya,” kata Andika saat mengucapkan selamat untuk Hari Ulang Tahun ke-498 Kabupaten Serang, Selasa 8 Oktober 2024.

Andika menjelaskan pembangunan di Kabupaten Serang baru mengalami optimalisasi setelah lahirnya Provinsi Banten, meskipun Kabupaten Serang sendiri sudah hampir berusia lima abad. 

“Saat Serang masih di bawah Jawa Barat, pembangunan tetap ada, tetapi lahirnya Provinsi Banten menjadi titik awal dimulainya optimalisasi pelayanan masyarakat dan pembangunan daerah,” tuturnya.

Berkat optimalisasi pembangunan selama dua dasawarsa terakhir, Andika menilai hasilnya sekarang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. “Katakanlah 10 tahun pertama setelah otonomi daerah sebagai masa konsolidasi optimalisasi pembangunan, 10 tahun selanjutnya Kabupaten Serang telah berhasil meletakkan dasar-dasar pembangunan yang hasilnya hari ini kita rasakan,” kata dia.

Hasil yang dapat dirasakan antara lain pembangunan infrastruktur dasar berupa jalan-jalan kabupaten, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai program pendidikan, dan pelayanan kesehatan yang merata.

“Ini bukan klaim sepihak, ya. Saya sudah keliling Kabupaten Serang hampir dua tahun. Sebagian besar masyarakat mengapresiasi pembangunan di bawah Bu Tatu (Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah),” kata Andika.

Menurut mantan Wakil Gubernur Banten ini, yang diperlukan Kabupaten Serang saat ini adalah keberlanjutan pembangunan sebagaimana yang menjadi visi-misi pencalonannya bersama calon wakil bupati Nanang Supriatna. 

Iklan

Karena itu, sangat berbahaya jika pemimpin berikutnya tidak melanjutkan pembangunan yang telah diwariskan Tatu. “Kalau pilihannya memulai segala sesuatunya dari awal, ya tentu yang dikorbankan kemajuan daerah yang sudah dengan susah payah dilakukan sejauh ini,” kata Andika.

Dihubungi terpisah, Nanang Supriatna juga sepakat untuk melanjutkan pembangunan yang telah dijalankan Tatu selama dua periode kepemimpinannya. Sebagai birokrat yang merintis karir di Pemkab Serang dari bawah hingga mencapai puncaknya sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Serang, Nanang mengaku mengenal luar-dalam Kabupaten Serang. 

“Saya membersamai Bu Tatu bagaimana dasar-dasar pembangunan di Kabupaten Serang diletakkan hingga hasilnya bisa dinikmati masyarakat sekarang ini,” ucapnya. “Tapi syaratnya jangan mundur lagi (pembangunannya), langsung tancap fuel untuk menuntaskan (pembangunan).”

Dengan semua sejarah dirinya tersebut, kata Nanang, tidak perlu waktu lagi untuk mengenal dan mempelajari persoalan sekaligus solusinya. “Insya Allah kita tidak harus kenalan lagi (dengan Kabupaten Serang) sehingga butuh waktu banyak, dan ini kan akan menghambat (time table pembangunan),” kata Nanang.

Untuk diketahui, Kabupaten Serang genap berusia 498 tahun tepat pada Rabu, 8 Oktober 2024 ini. DPRD Kabupaten Serang menggelar rapat paripurna untuk memperingati hari lahir kabupaten. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *