Plt Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang Sebut Rapimnas dan Munas Digelar 20 Agustus


TEMPO.CO, Jakarta – Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar akan digelar pada 20 Agustus 2024.

“Tanggal 20 Agustus kami rencanakan pembukaan Rapimnas. Insya Allah di pagi hari, kemudian malam harinya, 20 Agustus malam, kami rencanakan time table Munas ke-11 Partai Golkar,” ujar Agus Gumiwang di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, 13 Agustus 2024.

Pada kesempatan tersebut, Agus Gumiwang mengatakan akan ada time table yang berbeda dalam pelaksanaan Rapimnas dan Munas. Dalam pelaksanaan Munas, Agus mengatakan akan ditentukan ketua umum Golkar definitif.

Mengenai nama-nama yang akan menjadi ketua umum, Agus Gumiwang tidak menjelaskan. Namun ia memastikan bahwa dirinya tidak akan maju dalam pencalonan ketua umum partai berlambang pohon beringin tersebut.

Sedangkan untuk Rapimnas, Agus enggan menjelaskan lebih element. “Rapimnas akan digelar untuk mengesahkan apa yang tadi sudah diputuskan dalam rapat pleno,” ujar dia.

Agus Gumiwang menjelaskan pelaksanaan Rapimnas dan Munas dilakukan secara segera untuk menghadapi agenda-agenda kenegaraan. “Dalam waktu dekat ini kita butuhkan ketua umum definitif,” ujar Agus Gumiwang.

Ketua umum yang sah secara definitif, kata dia, dibutuhkan untuk pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akan berlangsung pada tanggal 27-29 Agustus 2024.

Iklan

Wakil Ketua Umum Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan terdapat sejumlah provinsi dan kabupaten kota yang belum ditentukan pencalonannya dalam Pilkada 2024.

“Kami masih ada sisa sekitar 12 provinsi dan 150-an kabupaten/kota yang belum diputuskan. Tentu ini menjadi dorongan agar proses pengalihan kepemimpinan Pak Airlangga pasca-mundur itu harus cepat,” ujar Doli di lokasi yang sama.

Pasca pengunduran diri Airlangga sebagai ketua umum pada Sabtu lalu, sejumlah pekerjaan partai harus segera diselesaikan. Meski begitu Agus Gumiwang mengatakan bahwa partainya adalah partai yang dewasa. Sehingga berbagai dinamika yang terjadi dalam Partai Golkar mampu dihadapi.

“Dalam menghadapi dinamika apapun, dalam menghadapi tantangan apapun, Partai Golkar bisa dan tetap menjaga soliditas di antara kader, di antara inside Partai Golkar,” kata dia.

MAULANI MULIANINGSIH

Pilihan Editor: Elite Gokar Bilang Tak Ada Tanda-tanda Gibran Bakal Jadi Ketua Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *