Respons Anies Baswedan Soal Syarat yang Diajukan PAN di Pilgub Jakarta


TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan PAN akan segera menerbitkan surat keputusan untuk mendukung Anies Baswedan jika mantan Gubernur DKI Jakarta itu bersedia berpasangan dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Zita Anjani di pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta 2024. Yandri mengungkapkan hal itu pada Jumat, 26 Juli 2024.

Menanggapi syarat yang diajukan PAN itu, Anies mengatakan akan membahasnya. Saat ditemui selepas menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional IV Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional (IKPN) di Kompleks Kementerian Pertahanan, Jakarta, Sabtu, 27 Juli 2024, Anies mengucapkan terima kasih atas tawaran PAN. 

“Ya, saya berterima kasih kepada PAN, Pak Zulkifli Hasan atas kepercayaannya, karena ketika itu disampaikan, berarti beliau memberikan kepercayaan, mempercayai untuk bersama-sama memajukan Jakarta lewat pilkada. Jadi itu sebuah amanat yang saya syukuri, hormati,” kata Anies.

Anies menyebutkan dia tidak dapat memutuskan sendiri bakal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya di Pilgub Jakarta.

“Terkait dengan pasangan, itu semua tentu akan kita bahas bersama-sama agar bisa menjadi kesepakatan, sehingga pasangan itu memperkuat kebersamaan semua pengusung,” kata Anies.

Dalam bursa cawagub pendamping Anies, ada nama Sohibul Iman, kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang diusulkan PKS untuk mendampinginya.

Anies saat ini telah mengantongi dukungan dari Nasdem dan PKS. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jakarta juga mendukung Anies, tetapi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB belum secara resmi mengumumkan calon yang mereka dukung di Pilgub Jakarta 2024.

PAN di berbagai kesempatan konsisten mengusung Zita Anjani, yang merupakan putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, untuk maju di Pilgub Jakarta.

“Kalau PAN jelas ada Zita Anjani. Jadi nanti akan dibicarakan seperti apa koalisinya, nama-nama yang muncul, ada yang baru, ada yang lama dan seterusnya,” kata Zulhas, sapaan populer Zulkifli Hasan, saat ditemui di Kantor DPP PAN, Jakarta pada Ahad, 14 Juli 2024.

Selanjutnya, syarat dari PAN untuk Anies Baswedan di Pilgub Jakarta…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *