Sekjen Golkar Sebut Gibran Punya Kepentingan Hadiri Deklarasi Ridwan Kamil-Suswono


TEMPO.CO, Jakarta –  Gibran Rakabuming Raka menghadiri deklarasi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2024, Ridwan Kamil-Suswono (RK-Suswono) di Resort Sultan, Jakarta pada Senin, 19 Agustus 2024. Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus menyatakan Gibran menghadiri deklarasi tersebut dalam kapasitas sebagai wakil presiden terpilih.

Partai Golkar, kata dia, adalah bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), pengusung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Koalisi yang sama kini menyatakan dukungan untuk RK-Suswono bersama tambahan sejumlah partai lain.

“Ya tentunya dia (Gibran) hadir sebagai wakil presiden terpilih. Iya kan?” kata Lodewijk usai acara deklarasi RK-Suswono. Menurut Lodewijk, Gibran memiliki kepentingan sebagai wakil presiden terpilih untuk hadir di acara deklarasi bakal pasangan calon untuk Pigub DKI Jakarta 2024.

Sebab, kata dia, wakil presiden akan memiliki wewenang lebih luas untuk mengkoordinasikan wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta atau UU DKJ. Beleid tersebut baru disahkan pada April 2024 lalu.

Lodewijk menyatakan pemerintah daerah Jakarta adalah perpanjangan tangan dari pemerintah pusat. “Ya artinya Pak Gibran kan jemput bola, tahu situasinya seperti apa,” ucap dia.

Lodewijk menyampaikan kehadiran Gibran juga tidak tiba-tiba. “Kayaknya sudah ada itu (koordinasi kehadiran Gibran). Dari panitia sudah ada itu. Kenapa? Kursinya ada. Kalau dia (tidak koordinasi) kan pasti orang sibuk. Berdiri ada yang geser. Tadi lihat itu enggak?” ujar Lodewijk.

Iklan

Sebelumnya, Gibran hadir secara tiba-tiba di tengah berlangsungnya acara deklarasi RK-Suswono. Gibran mendadak memasuki lokasi deklarasi, yaitu Golden Ballroom Resort Sultan, pada sekitar jam 16.15 WIB.

Saat itu, Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi sedang memberi sambutannya. PPP adalah salah satu partai yang ikut mendukung pasangan RK-Suswono.

Thomafi memotong sambutannya untuk menyambut Gibran. “Selamat datang Mas Gibran. Kita sambut wakil presiden terpilih Mas Gibran Rakabuming Raka,” ucap Thomafi sembari menghentikan sementara sambutannya.

Gibran ikut naik ke panggung seusai para petinggi partai yang hadir menyatakan dukungan kepada Ridwan Kamil dan Suswono untuk Pilgub DKI Jakarta 2024. Dia sempat berfoto bersama kedua kandidat dan para elite partai pendukung. Usai acara, Gibran tidak memberi keterangan soal kehadirannya di acara deklarasi bakal calon Pilgub DKI Jakarta tersebut.

Pilihan editor: Bahlil Lahadalia Jadi Calon Tunggal Ketua Umum Golkar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *