Soal Zulhas Jadi Ketum PAN Lagi, Jokowi: Saya Rasa Besar Ada Harapan


TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Kongres ke-6 sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-26 Partai Amanat Nasional atau PAN di Lodge Indonesia Kempinski, Jakarta pada Jumat, 23 Agustus 2024. Dalam kegiatan tersebut, Jokowi menyampaikan ada harapan besar untuk Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas melanjutkan kepemimpinannya di partai.

Awalnya, Jokowi mengatakan dirinya senang bisa hadir di acara PAN. “Malam hari ini saya merasa sangat gembira sekali, sangat gembira sekali bisa hadir di Kongres ke-6 dan HUT PAN yang ke-26,” ucap Jokowi saat memberi sambutannya.

Jokowi berujar dia selalu melihat wajah kader-kader PAN yang berseri-seri setiap menghadiri acara partai berlambang matahari putih tersebut. Dia menilai bahagianya para kader PAN berhubungan dengan berhasilnya kepemimpinan Zulhas sebagai ketua umum. “Terlihat sekali kalau kader-kader PAN ini sangat kerasan dengan Pak Zulkifli Hasan,” ucap Jokowi.

Maka dari itu, Jokowi menilai ada harapan besar agar Zulhas kembali menjadi ketua umum untuk periode 2024-2029. “Maka sepertinya, ini sepertinya, sepertinya loh ya, keberlanjutan kepemimpinan Pak Zulkifli Hasan di PAN saya rasa besar ada harapan,” ujar Kepala Negara.

Meski begitu, Jokowi menyatakan pemilihan ketua umum akan bergantung kepada para kader PAN. Diketahui, PAN akan memilih ketua umumnya dalam Kongres ke-6 yang berlangsung pada 23-24 Agustus 2024.

Zulhas kembali maju sebagai calon ketua umum partainya. Zulhas menandatangani surat pendaftaran calon ketua umum itu pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Iklan

Proses pendaftaran Zulhas dilakukan di Jalan Widya Chandra, Jakarta. “Bang Zulhas telah tanda tangan di atas materai, dengan demikian sah sebagai calon Ketum,” kata Ketua Guidance Committee Kongres ke-VI PAN Viva Yoga Mauladi di acara tersebut dalam keterangan video yang dia berikan.

Viva Yoga menyebut Zulhas akan dipilih kembali secara aklamasi dalam kongres kali ini. “Nanti akan dipilih secara aklamasi, secara mufakat, bulat, tidak lonjong,” ucap Wakil Ketua Umum PAN itu.

Menurut Viva, 38 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan 514 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN telah sepakat agar Zulhas kembali memimpin partai untuk lima tahun ke depan. Maka dari itu, Zulhas akan terpilih secara aklamasi.

Pilihan Editor: Berbaju Biru, Jokowi Hadiri Pembukaan Kongres ke-6 PAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *