Pendaftaran Beasiswa S2 LPDP di Cina Diperpanjang hingga Agustus 2024, Cek Syaratnya


TEMPO.CO, Jakarta – Pendaftaran beasiswa kerja sama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan Central South College (CSU), Cina diperpanjang hingga Kamis, 1 Agustus 2024. Beasiswa program grasp (S2) itu dibuka untuk bidang ekonomi dan perdagangan internasional untuk logam non-besi dan bidang transportasi. 

“Beasiswa S2 kerja sama LPDP dan @kemenkomarves (Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi) bidang ekonomi dan perdagangan internasional dan bidang transportasi di CSU Tiongkok diperpanjang,” tulis akun Instagram @lpdp_ri, Rabu, 24 Juli 2024. 

Calon mahasiswa yang lolos seleksi beasiswa tersebut akan menerima dua jenis dana, yaitu dana pendidikan dan dana pendukung. Dana pendidikan meliputi biaya kuliah, tunjangan buku, dana bantuan penelitian tesis, dana bantuan seminar internasional, dan dana publikasi jurnal internasional. 

Sementara komponen dana pendukung terdiri dari dana hidup bulanan, dana asuransi kesehatan, dana transportasi, dana keadaan darurat (bila diperlukan), dana kedatangan, dan dana aplikasi visa atau permohonan izin tinggal. 

Syarat Daftar Beasiswa S2 LPDP di CSU Cina 2024

Adapun ketentuan pendaftaran beasiswa S2 kerja sama LPDP dengan CSU 2024 sebagai berikut:

– Warga negara Indonesia (WNI), terbuka bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai negeri sipil (PNS), tetapi tidak terbuka bagi prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

– Batas usia maksimal 35 tahun untuk masyarakat umum, 37 tahun untuk CPNS/PNS, serta 42 tahun untuk PNS fungsional medis, paramedis, peneliti, perekayasa, atau pendidik.

– Memiliki minimum indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,00 dari skala 4,00.

– Memiliki sertifikat Take a look at of English as a International Language (TOEFL) Web Primarily based Take a look at (IBT) dengan skor minimum 61, skor World English Language Trying out Device (IELTS) 6,0, atau Duolingo English Take a look at 80.

– Mengikuti seleksi administrasi dan seleksi substansi.

– Mendapatkan rekomendasi dari akademisi atau tokoh masyarakat.

– Bagi pendaftar berstatus CPNS/PNS wajib melampirkan surat usulan mengikuti dari pejabat setingkat eselon II yang membidangi pembinaan atau pengembangan sumber daya manusia (SDM) pada kementerian/lembaga (Okay/L) atau pemerintah daerah (pemda).

– Surat rekomendasi dan surat usulan diterbitkan dalam tahun pendaftaran yang sama.

– Wajib kembali dan berkontribusi di Indonesia selama dua kali masa studi ditambah satu tahun (2n+1) secara berturut-turut.

Iklan

– Bagi masyarakat umum memperoleh peluang bekerja sesuai dengan kompetensi dan rencana strategis pemerintah pada bidang terkait.

– Pendayagunaan alumni berstatus CPNS/PNS menyesuaikan dengan kebijakan Okay/L atau pemda asal masing-masing

– Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi substansi akan diberikan surat penerimaan/keterangan lulus atau letter of admission/acceptance (LoA) unconditional dari CSU. Apabila pendaftar belum mendapatkan LoA sampai waktu yang telah ditetapkan oleh LPDP, maka standing sebagai calon penerima beasiswa S2 akan dibatalkan atau dicabut. 

Cara Daftar Beasiswa S2 LPDP di CSU Cina 2024

Berikut langkah-langkah untuk mengikuti seleksi penerimaan beasiswa S2 LPDP di CSU, Cina pada 2024:

– Kunjungi laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.pass.identity/.

– Pada bagian “Belum punya akun?”, tekan “Daftar di Sini”.

– Masukkan alamat surel (e mail) aktif dan buat kata sandi.

– Lengkapi informasi pribadi, seperti nama lengkap, nama panggilan, kewarganegaraan, nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga (KK), tempat dan tanggal lahir, nomor ponsel, serta pas foto formal terbaru dengan structure jpg, jpeg, png, atau gif dan berukuran maksimal 2 MB.

– Masukkan kode verifikasi yang muncul pada layar.

– Tekan tombol Buat Akun.

– Verifikasi akun, lalu lengkapi dan unggah dokumen yang dipersyaratkan.

– Lakukan put up formulir pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi beasiswa LPDP di CSU, Cina pada 2024. 

MELYNDA DWI PUSPITA 

Pilihan Editor: Profil Billy Mambrasar, Stafsus Jokowi yang Disebut Warganet Tunda Beasiswa LPDP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *