PDIP Berpeluang Usung Anies Maju di Pilkada Jakarta, Cak Imin: Semoga Lancar


TEMPO.CO, Badung – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mendoakan agar proses pengusungan Anies Baswedan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berjalan lancar. Anies digadang-gadang akan menjadi calon gubernur yang disokong PDIP usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024.

“Dengan keputusan Mahkamah Konstitusi ini, berarti PDIP bisa mengusung sendiri. Ya, moga-moga lancar gitu,” kata Cak Imin di sela-sela Muktamar ke-6 PKB di Bali Nusa Dua Conference Heart, Badung, Bali pada Sabtu, 24 Agustus 2024.

Cak Imin juga menuturkan masih ada peluang perubahan peta koalisi setelah putusan MK dijatuhkan. Dia juga menyebut Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus turut mempertimbangkan perkembangan politik pilkada mendatang. 

“Semua pilkada punya hukum lokalitasnya. Semua sudah kompak dengan daerah masing-masing. Tentu bisa bareng, bisa beda-beda, tetapi tergantung perkembangan nanti,” ujarnya. 

Dalam Putusan Nomor 60/PUU-XXII/2024, MK mengabulkan sebagian gugatan dari Partai Buruh dan Partai Gelora soal UU Pilkada. Dalam putusannya, MK menyebut partai politik atau gabungan partai politik peserta Pemilu dapat mendaftarkan pasangan calon kepala daerah walaupun tidak memiliki kursi di DPRD.

MK memutuskan ambang batas Pilkada akan ditentukan perolehan suara sah partai politik atau gabungan partai politik yang dikaitkan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di masing-masing daerah.

Ada empat klasifikasi besaran suara sah yang ditetapkan MK, yaitu; 10 persen, 8,5 persen, 7,5 persen dan 6,5 persen, sesuai dengan besaran DPT di daerah terkait.

Iklan

Sebelumnya, Anies Baswedan mengunjungi kantor DPD PDIP Jakarta pada Sabtu siang, 24 Agustus 2024.  Anies tak menjelaskan secara eksplisit apakah pertemuan itu berkenaan dengan Pilkada 2024. “Belum tahu nanti kita bahas apa saja,” kata dia di Kantor DPD PDIP, Sabtu.

Di pintu masuk Kantor DPD PDIP, Anies langsung disambut oleh Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. Turut hadir Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Anies sendiri hadir ditemani oleh Tom Lembong dan Sahrin Hamid.

Anies tak menampik hubungannya dengan PDIP akan semakin cast. “Alhamdulillah selama ini terang terus, Insya Allah akan terus terang,” kata dia.

Aisyah Amira Wakang ikut berkontribusi dalam penulisan artikel ini. 

Pilihan editor: Terpilih Jadi Ketua Umum Lagi, Cak Imin Ingin PKB Bebas dari Pengaruh PBNU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *