Cerita Jokowi Pernah Payungi Surya Paloh 10 Tahun Lalu


TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Jokowi menceritakan salah satu momen yang berkesan bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Jokowi mengingat sempat memayungi Surya sekitar 10 tahun lalu.

Kepala negara mengatakan peristiwa itu terjadi saat dia dan surya pertama bertemu. Jokowi mengungkit, Surya satu-satunya ketua umum partai politik yang dia payungi. 

“Dalam keadaan hujan (beliau) dipayungi oleh Presiden. Hujan deras sekali, saya memayungi Bang Surya. Tapi katanya karena terlalu basah bajunya, beliau agak masuk angin,” kata Jokowi di Kongres III Nasdem yang digelar di Jakarta Conference Middle, pada Ahad, 25 Agustus 2024.

Dalam sambutan yang sama, Jokowi mengatakan bahwa dia sangat merasa didukung penuh oleh Partai NasDem selama 10 tahun kepemimpinan. Meskipun pada 2024, Nasdem memilih pisan jalan dengan mendukung Anies Baswedan yang mempromosikan tema perubahan.

Jokowi mengapresiasi pada akhirnya NasDem memutuskan untuk bergabung dengan Pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka – putra Jokowi. Presiden Jokowi menekankan keberlanjutan itu bukan sekadar meneruskan.

Iklan

Jokowi mengatakan kehadirannya di Kongres III Partai NasDem terasa penuh nostalgia. Orasi Surya, kata mantan Wali Kota Solo ini, membuatnya merasa ditarik ke masa lalu.

“Rasanya, rasanya seperti rasa dulu yang pernah ada. Suara, intonasi, pembawaan, dan semangat Bang Surya tidak ada satu pun yang berubah. Rasanya masih sama, di sini juga masih sama,” katanya.

Pilihan Editor: Jungkir-Balik Jokowi Melanggengkan Dinasti Politik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *