Mangkunegara X Mundur dari Pencalonan di Pilkada Solo, Ibunda Yakin Keputusan Terbaik


TEMPO.CO, Solo – Ibu Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, Gusti Kanjeng Putri (GKP) Mangkunegara IX, buka suara soal keputusan pimpinan Pura Mangkunegaran Solo itu yang urung mencalonkan diri sebagai wali kota di Pilkada Solo 2024. Ia menilai keputusan itu merupakan yang terbaik.

Awalnya, perempuan bernama Prisca Marina Haryogi Supardi itu enggan mengomentari informasi yang beredar bahwa dirinya tidak merestui putranya untuk maju sebagai bakal calon wali kota di Pilkada Solo. “Saya ke sini mau nonton SIPA (Solo Global Acting Arts), jadi tolong jangan tanya politik,” ujarnya saat ditemui wartawan di Pura Mangkunegaran Solo, di sela-sela perhelatan SIPA 2024, Kamis 29 Agustus 2024. 

Tapi soal batalnya Mangkunegara X maju Pilkada Solo 2024 dinilainya sebagai keputusan terbaik. “Yang terbaik. Itu saja,” ucap dia singkat tanpa menjelaskan lebih lanjut. 

Ketika ditanya apakah sebelumnya sempat bertemu dengan presiden terpilih Prabowo Subianto, ia membantah. “Siapa saya, beliau itu calon presiden. Masak saya menemui beliau, jauh banget,” kata dia.

Iklan

Tentang pembatalan itu yang disayangkan dan membuat kecewa banyak pendukung Mangkunegara X, ia mengembalikan kepada masyarakat. Seperti diketahui, sebelumnya dukungn datang dari Gerindra, PKS, Golkar, PSI, PAN, dan PKB.

“Alhamdulillah itu kami kembalikan kepada masyarakat. Saya yakin seorang Kanjeng Gusti (Mangkunegara X) pun punya hak menerima, menjawab, maupun menolak. Saya rasa itu,” kata dia. 

Pilihan Editor: Kencang Rumor iPhone 17 Menjelang Peluncuran iPhone 16, Ini Sebabnya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *