Ratas Pemkot Padang Targetkan Hapus Kemiskinan Ekstrim dan Turunkan Stunting


INFO NASIONAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang bertekad melakukan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim dan menurunkan angka stunting melalui peningkatan capaian Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) pada bayi.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar di Rapat Terbatas (ratas) bersama camat, lurah, dan kepala Puskesmas se-Kota Padang, di Aula Bagindo Aziz Chan, Balaikota Padang, Aie Pacah, pada Senin, 2 September 2024.

Andree Algamar mengatakan, sesuai Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Pemkot Padang menargetkan angka kemiskinan ekstrim di dapat mencapai nol persen pada akhir 2024 ini.

“Kami bertekad menghapus angka kemiskinan ekstrim di Kota Padang, dan menurunkan angka stunting melalui IDL. Perlu komitmen semua pihak, mulai dari camat, lurah dan kepala Puskesmas se-Kota Padang” kata Andree Algamar.

Kepala Bappeda Yenni Yuliza mengatakan, berdasarkan knowledge Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, angka kemiskinan di Kota Padang sebesar 0,15 persen atau 1.490 jiwa.

Iklan

“Knowledge yang  diterima ini akan dilakukan validasi dan verifikasi melalui pihak kelurahan, sehingga bisa terlihat mana masyarakat yang masih berada pada kategori miskin ekstrim, miskin, atau sudah keluar dari kemiskinan,” kata Yenni Yuliza.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr. Srikurnia Yati menyampaikan, saat ini Pemerintah Kota Padang sedang meningkatkan capaian IDL pada bayi. Angka IDL saat ini di Kota Padang baru mencapai 25,29 persen atau 4.100 jiwa.

“IDL dapat tercapai perlu membangun komitmen bersama dengan seluruh OPD terkait. Mulai dari tingkat kota hingga kelurahan untuk sama-sama memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat, agar anaknya mau melakukan imunisasi,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *