Pemkot Padang dan Konjen Tiongkok di Medan Bertemu, Jajaki Peluang Kerja Sama


INFO NASIONAL – Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Harmadi Algamar berharap dapat mempererat hubungan Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Hal itu dia sampaikan saat menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Tiongkok di Medan Mr. Zhang Min, di Rumah Dinas Wali Kota Padang, Senin, 2 September 2024.

“Kita berharap dari pertemuan ini akan ada kerja sama yang bisa wujudkan, bisa di bidang humaniora, pendidikan, bisnis dan pariwisata. Semoga ini bisa terwujud nantinya,” kata Andree Algamar didampingi Pj. Sekretaris Daerah Kota Padang Yosefriawan.

Andree mengatakan, cukup banyak warga keturunan Tionghoa di Kota Padang. Mereka berbaur bersama masyarakat, dan ada yang bekerja di pemerintahan. “Mereka memberikan cukup banyak masukan untuk pembangunan Kota Padang,” kata Andree Algamar.

Kota Padang, lanjut dia, merupakan kota pendidikan, pariwisata dan perdagangan. Banyak potensi yang bisa dikerjasamakan antara Pemerintah Kota Padang dengan kota – kota yang ada di RRT.

Sementara itu, Konjen Tiongkok Mr. Zhang Min mendorong pembentukan hubungan kerjasama atau hubungan sister town antara Kota Kunming Provinsi Yunnan dengan Kota Padang. Menurutnya, Kota Padang dan Kota Kunming memiliki kesamaan geografis, dan sama-sama merupakan Ibu Kota Provinsi. Separuh penduduk Kota Kunming adalah muslim.

“Kami berharap pertemuan ini dapat dilanjutkan dengan kerja sama nantinya,” ujar dia. Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong pembangunan di Kota Padang. “Kami juga mengundang Wali Kota Padang Bapak Andree Algamar untuk berkunjung ke Kota Kunming Provinsi Yunnan,” ujar dia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *