Rano Karno Sebut Waduk Bisa Dioptimalkan Penuhi Kebutuhan Air Bersih saat Kemarau


TEMPO.CO, Jakarta – Bakal Calon Wakil Gubernur Jakarta, Rano Karno blusukan di kawasan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat Sabtu 7 September 2024. Dia bertemu dengan warga setempat yang ingin menyampaikan aspirasi. 

Kepada Rano, sejumlah penduduk mengeluh soal air bersih akibat musim kemarau. Mendengar keluhan itu, Rano berjanji akan memaksimalkan waduk yang ada jika menang dalam Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024. Dia mengatakan akan mengoptimalkan penggunaan bendungan yang telah dibangun sejak zaman mantan gubernur Jakarta, Fauzi Bowo alias Foke. 

“Ya, ini arti kelola. Makanya, Bang Foke itu sudah punya konsep bikin bendungan. Bendungan yang ada di sekitar Jakarta,” kata Rano di Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat pada Sabtu, 7 September 2024.

Rano menuturkan bahwa sistem penampungan air di Jakarta bukan ditujukan untuk irigasi sebab tidak ada sawah di kawasan Jakarta. 

“Tapi intinya, untuk sumber air baku, itu utamanya,” ujarnya. 

Lebih lanjut, aktor yang akrab disapa “Bang Doel” itu berharap agar rekan-rekannya di DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dapat mencatat segala aspirasi dan keluhan masyarakat di tiap wilayah. 

Iklan

Dengan begitu, kata dia, dia bersama Pramono Anung akan membuat sejumlah program untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, termasuk kekurangan air bersih. 

Kunjungan Rano Karno itu didampingi anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Charles Honoris. Masyarakat rela antre dan berdiri untuk bisa mengabadikan momen kedatangan Bang Doel. Rano menyempatkan berjabat tangan dengan warga. 

Rano Karno maju di Pilgub Jakarta mendampingi Pramono Anung. Mereka akan bersaing dengan dua pasangan lainnya di Pilkada Jakarta, yakni Ridwan Kamil-Suswono dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana dari jalur independen. 

Pilihan Editor: Komisi II DPR Usul Pilkada Ulang Dilakukan Setahun Kemudian jika Kotak Kosong Menang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *