Ketika Bacagub Jateng Ahmad Luthfi Jaring Aspirasi di Pasar Bintoro Demak


TEMPO.CO, Jakarta – Bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Tengah Ahmad Luthfi mengunjungi Pasar Bintoro, Kabupaten Demak untuk mendengarkan aspirasi para pedagang sekaligus memperkenalkan diri sebagai bakal calon yang maju dalam pemilihan gubernur atau Pilgub Jateng 2024.

“Pasar Bintoro Demak ini merupakan pasar yang kesekian saya datangi guna mengetahui permasalahan yang dihadapi pedagang,” kata Luthfi ditemui di sela-sela kunjungannya di Pasar Bintoro, Kabupaten Demak pada Selasa, 10 September 2024.

Mantan Kapolda Jateng ini mengatakan permasalahan yang disampaikan oleh pedagang bermacam-macam, termasuk soal posisi dan akses jalannya. Sedangkan yang paling banyak dikeluhkan adalah keramaian pasar yang mulai berkurang karena ada pedagang yang berjualan di luar pasar.

Dia menuturkan para pedagang yang berjualan di luar pasar seharusnya dimasukkan ke dalam pasar. “Tentunya perlu ada upaya penertiban agar tidak muncul permasalahan,” ujar dia.

Luthfi menyebutkan pasar tradisional tidak bisa dipandang sebelah mata, karena menjadi tempat transaksi seluruh lapisan masyarakat. Pasar tradisional juga salah satu bentuk ekonomi kerakyatan yang memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, di antaranya sebagai pusat pengembangan ekonomi rakyat dan pusat perputaran uang daerah.

Dia menilai harga kebutuhan pokok masyarakat cenderung standard. Hanya harga minyak goreng yang berfluktuasi, tetapi tidak signifikan.

Mengenai tawaran kepada pedagang ketika nanti terpilih sebagai Gubernur Jateng, Luthfi mengatakan akan disampaikan setelah melihat dan mendengar masukan dari pedagang dan masyarakat luas.

Salah seorang pedagang gerabah di pasar itu, Rustian Ardianti, mengakui memberikan masukan kepada Luthfi bahwa pasar sepi karena ada pedagang yang berjualan di luar pasar. Selain itu, kata dia, generation sekarang juga banyak yang berjualan secara bold, sehingga omzet pedagang di pasar tradisional semakin berkurang.

Luthfi maju berpasangan dengan mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Luthfi-Taj Yasin didukung oleh koalisi gemuk yang terdiri dari Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, PPP, Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Demokrat, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan overall suara sah hasil Pemilu 2024 sebanyak 13,7 juta.

Luthfi-Taj Yasin akan menghadapi bakal pasangan calon Andika Perkasa-Hendrar Prihadi, yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dengan overall suara sah sebanyak 5,2 juta.

Pilihan editor: Respons KPK atas Putusan PT DKI Perberat Hukuman Syahrul Yasin Limpo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *