PKB Telah Sodorkan Nama Kader untuk Jadi Menteri di Kabinet Prabowo


TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR Cucun Ahmad Syamsurijal, memastikan partainya telah menyerahkan daftar nama kader untuk diusulkan menjadi menteri di kabinet presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Cucun mengatakan usulan nama menteri kepada Prabowo bukan hanya disodorkan oleh PKB, namun juga telah disampaikan oleh partai politik pendukung pemerintahan Prabowo lainnya. 

“Semua partai, bukan hanya PKB,” kata Cucun saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat, 13 September 2024.

Wakil ketua umum PKB itu juga memastikan bahwa kader-kader yang disetorkan kepada Prabowo itu merupakan orang-orang pilihan. “Pokoknya, nama-nama kader yang terbaik, profesional di bidangnya yang diminta (Prabowo),” ujarnya. 

Lebih lanjut, Cucun menegaskan bahwa pembahasan menteri-menteri itu dilakukan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Prabowo. Dia juga mengatakan bahwa penentuan menteri pada akhirnya akan menjadi kewenangan Prabowo. “Nanti kita tunggu Pak Prabowo seperti apa,” tuturnya. 

Sebelumya, Partai Gerindra menyatakan partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah menyodorkan sejumlah nama untuk diplot menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Prabowo sedang menyaring nama-nama tersebut dan akan mengumumkan setelah dilantik menjadi presiden pada Oktober nanti.

Iklan

“Yang jelas, Pak Prabowo ingin sebuah pemerintahan zaken di kabinetnya,” kata Muzani di Gedung DPR pada Selasa, 10 September 2024.

Kabinet zaken yang dimaksud Muzani, ialah kabinet yang berkomposisikan para ahli di masing-masing bidangnya, termasuk mereka yang berasal atau diusulkan oleh partai politik. “Agar tidak kehilangan relevansi di jabatan yang diduduki nanti,” ujar Muzani.

Andi Adam Faturahman dan Nandito Putra berkontribusi dalam penulisan artikel ini. 

Pilihan editor: Soal Klaim Kabinet Zaken Prabowo, PDIP: Kami Apresiasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *