PT PP Raih Tiga Penghargaan di Anugerah Ekonomi Hijau


INFO NASIONAL – PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia, berhasil meraih tiga penghargaan bergengsi dalam ajang Anugerah Ekonomi Hijau dan The 4th TJSL & CSR Award 2024. Acara penghargaan tersebut diadakan serentak di Auditorium Menara Financial institution Mega dan Lodge Borobudur pada Rabu, 31 Juli 2024.

Anugerah Ekonomi Hijau adalah penghargaan yang dianugerahkan oleh detik.com sebagai apresiasi terhadap program dan inisiatif perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap aspek Environmental, Social, and Governance (ESG). Penghargaan ini melibatkan komite asesmen yang melakukan penilaian dengan menggunakan analisis kualitatif, termasuk aspek sentimen pemberitaan, telaah dokumen, media tracking, dan sumber lainnya. PTPP mendapat apresiasi khusus dalam kategori Komitmen Perseroan dalam Penerapan Konstruksi Hijau (Inexperienced Building).

PTPP telah berhasil menerapkan manajemen konstruksi hijau yang bertujuan mengurangi dampak lingkungan sepanjang siklus hidup suatu bangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga efisiensi produksi dan pembiayaan proyek. Pada tahun 2023, beberapa proyek PTPP yang telah mendapatkan Sertifikat Greenship dari Inexperienced Development Council Indonesia (GBCI) antara lain Proyek JIS Sunter dan Proyek IT Mandiri Slipi dengan sertifikasi Platinum, serta Proyek Gedung Menara Danareksa, Proyek Gedung Pegadaian, dan Proyek UGM dengan sertifikasi Gold.

Joko Raharjo, Sekretaris Perusahaan PTPP, menyatakan bahwa perseroan akan terus meningkatkan kompetensi dalam bidang Inexperienced Building. “PTPP sebagai pionir inexperienced development di Indonesia akan terus menerapkan standar kualitas pada proyek-proyek konstruksi baik di nasional maupun internasional. Penerapan inexperienced development ini sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam memberikan nilai tambah pada stakeholder serta memiliki dampak positif terhadap lingkungan,” ucap Joko. “Saat ini PTPP juga sedang menyelesaikan proyek BNI PIK 2 yang mengusung konsep Inexperienced Development dengan kualifikasi Inexperienced LEED Platinum sebagai bangunan baru Himbara pertama di Indonesia yang mempunyai standar kualifikasi tersebut,” jelas Joko dalam kesempatan wawancara pada acara Anugerah Ekonomi Hijau.

The 4th TJSL & CSR Award tahun 2024 diselenggarakan oleh BUMN Observe yang didukung oleh Indonesia Shared Worth Institute (ISVI), dengan melibatkan 97 Perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN. Mengangkat tema “Kontribusi Empat Pilar TJSL BUMN dalam Rangka Mendukung Pencapaian SDG’s”, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi tertinggi bagi BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang telah menjalankan very best apply yang sejalan dengan empat pilar SDG’s berupa Pilar Sosial, Ekonomi, Lingkungan, serta Hukum dan Tata Kelola.

Iklan

PTPP berhasil mendapatkan dua penghargaan dalam kategori Gold untuk Pilar Sosial dan Pilar Ekonomi. Pada pilar sosial, PTPP memiliki program kerja Desa Vokasi untuk para pekerja proyek PTPP yang bertujuan untuk pemberdayaan dan peningkatan keterampilan para pekerja proyek. Program ini membekali para pekerja lapangan dengan pelatihan dan sertifikasi kelembagaan, yang dinilai sangat penting dalam menjaga kualitas sumber daya manusia (SDM), terutama pekerja lapangan yang secara langsung berdampak pada kualitas standar PTPP.

Sementara itu, di pilar ekonomi, PTPP memiliki program Merchandising Gadget yang berisi company package ramah lingkungan yang bertujuan untuk menciptakan inexperienced perspective karyawan terutama di lingkungan kantor pusat PTPP.

Novel Arsyad, Direktur Utama PTPP, sangat bangga dengan tiga penghargaan yang berhasil diraih oleh perusahaan. “Penghargaan ini adalah bukti nyata komitmen PTPP dalam mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan dan ESG. Seiring dengan komitmen pemerintah dalam mendukung pencapaian Sustainable Building Objectives (SDGs), PTPP sebagai kontraktor juga akan terus konsisten dalam menerapkan inovasi dan teknologi terkini dalam pembangunan proyek-proyek inexperienced development,” ucap Novel. Selain itu, Novel juga menyebutkan bahwa implementasi ESG bukan hanya sebagai prinsip saja, namun sudah menjadi bagian dari strategi bisnis PTPP. “Dengan adanya penghargaan ini, tentunya sebagai motivasi kami untuk terus meningkatkan upaya dalam menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, kelestarian lingkungan, dan kesejahteraan sosial,” tutup Novel.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *