Tosari Widjaja Eks Dubes RI untuk Maroko Meninggal Dunia


TEMPO.CO, Jakarta – Duta Besar RI untuk Maroko Tosari Widjaja meninggal hari ini. Politikus senior Partai Persatuan Pembangunan itu wafat di usia 84 tahun. 

Juru bicara Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPP Donnie Tokan membenarkan kabar itu. Dia mengatakan Tosari meninggal pada Kamis pagi pukul 5.15 di rumah sakit dekat kediamannya. 

“PPP kehilangan seorang tokoh hebat yang telah banyak berjasa, tidak hanya untuk PPP, tapi juga untuk bangsa dan negara,” kata Donnie dalam pesan tertulisnya saat dikonfirmasi Pace melalui aplikasi WhatsApp pada Kamis, 19 September 2024 

Donnie juga memuji kiprah Tosari di dunia politik. “Beliau sangat santun dalam berpolitik sehingga beliau menjadi panutan juga kader-kader PPP,” tutur Donnie. 

Berkenaan dengan itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menyampaikan doa untuk mendiang. Dia turut meminta agar publik memanjatkan doa yang sama. 

“Semoga almarhum khusnul khotimah, diampuni segala khilafnya, dilapangkan kuburnya, diterima amal ibadahnya, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan,” ujar Awiek dalam keterangan tertulisnya. 

Iklan

Tosari pernah menjadi wakil ketua DPR bidang ekonomi dan keuangan periode 1999-2024. Dia juga pernah menjadi duta besar Indonesia untuk Maroko pada tahun 2010-2014. Di dalam partai, Tosari pernah menjabat sebagaimana Sekretaris Jenderal DPP PPP, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PPP, serta Ketua Dewan Penasehat PPP.

Tosari lahir di Probolinggo, Jawa Timur pada 20 Agustus 1940. Almarhum meninggalkan istrinya, Julia Noor Soraya, dan dua putri beserta empat putra.

Adapun rumah duka beralamat di Jalan Assofa IV, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pemakaman akan dilakukan siang ini setelah waktu salat zuhur di Taman Makam Pahlawan Kalibata. 

Pilihan Editor: Respons PDIP dan PPP Soal Wacana Kabinet Zaken Prabowo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *