Wahyu Hidayat: Seragam Free of charge untuk Siswa Tak Mampu di Kota Malang


INFO NASIONAL – Calon Wali Kota Malang Wahyu Hidayat memberikan perhatian lebih terkait pendidikan di Kota Malang. Salah satu program unggulan yang dia gagas yaitu pemberian seragam free of charge bagi anak didik di kotanya. “Program saya nanti di tahun 2025 adalah membagikan seragam free of charge,” kata Wahyu.

Gagasan program itu disampaikan Wahyu saat melakukan sosialisasi bersama politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rendra Masdrajad Safaat, ketika memberikan paket sekolah free of charge kepada ratusan anak. 

Paket yang dibagikan itu berupa sepasang sepatu dan tas sekolah, yang berjumlah 200 paket, dan disebar di dua titik utama. Pertama, di Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang. Lokasi ke dua berada di Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun. 

“Pendidikan menjadi prioritas saya. Sebelumnya saat menjadi penjabat, sudah memberikan seragam free of charge ke beberapa sekolah dan ini akan terus berlanjut,” kata Wahyu. 

Dengan adanya bantuan sepatu dan tas ini diharapkan menjadi penyemangat untuk anak-anak dapat mengenyam pendidikan di Kota Malang. Tujuannya, agar anak-anak tersebut mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Wahyu mengatakan, pengalokasian anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Malang untuk pendidikan terbilang masih sangat terbatas.

Iklan

Karena itulah, persoalan keterbatasan anggaran pendidikan akan menjadi bekal dalam pencalonannya di Pilkada Kota Malang 2024. Pria yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang ini telah mantap dengan program yang memberikan seragam ke anak-anak baru dan siswa yang mengalami kesulitan ekonomi.

”Ke depan, prioritasnya siswa yang baru masuk. Sedangkan untuk yang kelas dua dan tiga, akan kami bantu jika membutuhkan,” kata Wahyu.

Calon Wali Kota Malang itu menerangkan Pemerintah Kota Malang hanya menaungi tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) menjadi tanggung jawab provinsi. 

Meski begitu, tak membatasi niat Wahyu untuk dapat memberikan kontribusi maksimal ke dunia pendidikan di Kota Malang. Bahkan dirinya juga berencana untuk memberikan bantuan seragam free of charge bagi siswa di jenjang SMA dan sederajat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *