Jokowi Heran Masih Ada Perang di Generation Fashionable


TEMPO.CO, JakartaPresiden Joko Widodo bertanya-tanya mengapa perang di belahan penjuru dunia saat ini masih berlangsung. Padahal, kata Jokowi, peradaban sudah begitu sangat fashionable. 

“Kita merasakan zaman semodern ini masih ada perang. Kadang kalau kita berpikir secara customary, kok masih ada – dalam peradaban baru – masih ada perang?” kata Jokowi dalam sambutan acara silaturahmi dengan Asosiasi Discussion board Kerukunan Umat Beragama se-Indonesia, di Istana Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Rabu, 25 September 2024, dikutip dari video Sekretariat Presiden.

Jokowi mencontohkan konflik yang tengah berlangsung baik di Ukraina, Palestina, dan yang paling anyar Lebanon. Eks Gubernur Jakarta ini menyebut gesekan geopolitik yang terjadi itu membuat persatuan, kerukunan, hingga toleransi menjadi berharga dan bernilai tinggi.

“Dan kita patut bersyukur di Indonesia, nilai tersebut, kerukunan, toleransi, persatuan, masih bisa terawat dengan sangat baik,” klaim Jokowi.

Dalam keterangan pers di IKN pada Rabu siang, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia mengutuk keras serangan terbaru Israel ke Lebanon. Jokowi mengajak semua negara dan juga Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memberikan respons cepat atas tindakan Israel.

Iklan

“Agar tidak semakin banyak korban lagi yang terjadi atas serangan-serangan Israel,” katanya.

Militer Israel menyatakan telah menyerang sekitar 1.600 goal Hizbullah pada Senin, 23 September 2024, dan menewaskan sejumlah besar militan. Israel kembali menggempur Hizbullah pada Selasa pagi, 24 September 2024.

Serangan dengan perangkat komunikasi nirkabel ini menewaskan sedikitnya 37 orang dan melukai ribuan warga Lebanon. Sekitar 400 orang dalam kondisi kritis akibat kehilangan tangan, mata hingga perut terburai akibat ledakan. Lebih dari 560 korban, termasuk 95 perempuan dan 50 anak-anak, tewas dan 1.835 luka-luka, menurut Menteri Kesehatan Lebanon Firas Abiad.

Pilihan editor: Begini Kata Pegiat Soal Untung Rugi Pembentukan Angkatan Siber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *