Puan Maharani Pastikan Rapat Paripurna Terakhir 30 September 2024


TEMPO.CO, Jakarta – Ketua DPR Puan Maharani mengatakan rapat paripurna terakhir diputuskan berlangsung pada Senin, 30 September. Puan mengatakan dalam rapat paripurna tersebut DPR akan mengesahkan sejumlah Rancangan Undang-undang (RUU) yang telah disetujui dalam pembahasan tingkat I.

“Hari ini kami sudah rapat bersama para pimpinan komisi dan semua materi sudah diselesaikan untuk dibahas dalam rapat paripurna,” kata Puan saat ditemui kompleks gedung DPR, Kamis, 26 September 2024.

Puan mengatakan rapat paripurna tersebut sempat diusulkan akan dilaksanakan pada hari ini. Namun demikian, kata dia, Badan Musyawarah DPR memutuskan untuk digelar bersamaan dengan rapat penutupan masa sidang anggota DPR periode 2019-2024.

“Selain pengesahan RUU, nanti akan ada pemaparan laporan oleh tim Panitia Khusus Haji. Juga ada rencana pembatalan satu undang-undang apakah nant disetujui,” katanya.

Puan mengatakan sehari setelahnya akan ada time table pelantikan anggota DPR periode 2024-2029. “Besoknya langsung pelantikan anggota DPR yang baru,” katanya.

Iklan

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar juga memastikan bahwa rapat paripurna akan berlangsung sehari sebelum pelantikan anggota DPR periode 2024-2029. “Ya, tanggal 30 September ya,” katanya saat dihubungi, Kamis, 26 September 2024.

Sebelumnya, anggota Pansus Haji, Marwan Jafar mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan agar paripurna digelar pada Kamis, 26 September. Dia mengatakan Pansus Haji sudah selesai merampungkan laporan akhir dan rekomendasi yang akan dibacakan di rapat paripurna.

“Rekomendasi dan kesimpulan Pansus saat ini sudah disetujui dan tinggal dibawa ke Paripurna di tanggal 26 September. Kami sudah ajukan ke Badan Musyawarah,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *