PDIP Ungkap Respons Megawati soal Rencana Pertemuan dengan Prabowo


TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga mengungkap reaksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ihwal rencana pertemuannya dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Eriko menuturkan Megawati tersenyum saat merespons wacana itu, termasuk saat membahas dinamika politik belakangan. 

“Sampai kemarin, saya bertemu dengan Ibu Ketua Umum dengan perkembangan yang ada, beliau tersenyum,” kata Eriko saat menggelar konferensi pers di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis sore, 26 September 2024.

Eriko mengatakan pertemuan antara Megawati dan Prabowo bukanlah sesuatu yang mustahil. Meski begitu, dia belum bisa memastikan kapan dua tokoh tersebut diagendakan bertemu. 

“Apakah nanti sebelum, pada saat pelantikan, atau kah sesudah (pelantikan), tentu kita tunggu saja,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Eriko juga menyebut hubungan antara Megawati dan Prabowo berjalan dengan baik saja. Dia turut menyinggung soal kepulangan Prabowo ke Indonesia usai Orde Baru terjadi di masa pemerintahan Megawati.

“Kalau secara pribadi, saya tahu persis Ibu Ketua Umum dengan Pak Prabowo itu sangat dekat,” tuturnya. 

Tak sampai di situ, Eriko Sotarduga menegaskan bahwa partainya belum menentukan apakah partainya akan bergabung dengan pemerintahan Prabowo Subianto mendatang. 

“Sampai saat ini kami tidak membahas itu,” ucapnya. 

Iklan

Eriko menegaskan bahwa keputusan sikap partainya terhadap pemerintahan mendatang berada di tangan Megawati Soekarnoputri. Dia menyebut Megawati memegang hak prerogatif untuk menentukan langkah PDIP selanjutnya. 

“Biarlah beliau nanti yang memutuskan mana yang paling baik untuk partai, untuk rakyat Indonesia, dan untuk kita semua,” katanya. 

Terpisah, Ketua DPP PDIP Bidang Politik, Puan Maharani, masih merahasiakan jadwal pertemuan antara Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto. Puan mengatakan kedua belah pihak dipastikan akan bertemu ketika waktunya sudah tepat.

“Insya Allah akan segera kalau timingnya tepat,” kata Puan saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 26 September 2024.

Puan menilai Megawati dan Prabowo sama-sama punya keinginan untuk segera bertemu. Namun hingga saat ini, kata dia, pertemuan tersebut belum terwujud karena kedua tokoh belum menemukan waktu yang pas.

Ketua DPR ini pun berkilah bahwa Ketua Umum PDIP Megawati dan Prabowo saling tunggu untuk dikunjungi terlebih dahulu. “Ya enggak saling tunggu-tungguan, beliau berdua mempunyai jadwal yang sama-sama sibuk,” ujar Puan.

Nandito Putra ikut berkontribusi dalam penulisan artikel ini. 

PIlihan Editor: Said PDIP Tegaskan Pertemuan Megawati dan Prabowo Bukan untuk Bagi-bagi Kursi Menteri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *