Eriko Yakini PDIP Akan Dukung Puan Maharani Jadi Ketua DPR Lagi


TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga meyakini partainya akan secara bulat mendukung Puan Maharani untuk kembali menjabat sebagai ketua DPR RI pada periode 2024-2029. Eriko menyebut Puan sudah memiliki banyak pengalaman yang mendukung untuk memimpin parlemen. 

“Kalau dilihat dari segi pengalaman, (Puan Maharani) ketua fraksi sudah, menjadi ketua DPR juga ya Mbak Puan. Kami tentu suara bulat. Dan, Mbak Puan monggo,” kata Eriko saat menggelar konferensi pers di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis sore, 26 September 2024.

Meski begitu, Eriko menyampaikan, pembahasan soal kursi ketua DPR belum dibahas secara interior. Dia juga menyebut bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi sosok kunci dalam penentuan pengisian jabatan itu. 

“Kami belum sampai ke sana. Belum sampai membahas untuk DPR RI. Karena, itu nanti akan berbicara secara khusus dengan ibu ketua umum dan ibu ketua umum yang akan memutuskannya,” ujarnya. 

Eriko turut menyinggung soal ketentuan dalam Pasal 427D ayat (1) huruf b Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD (UU MD3). Dalam ketentuan itu, posisi ketua DPR diisi oleh perwakilan partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama di DPR. Adapun PDIP merupakan partai dengan peraih suara terbanyak untuk DPR periode 2024-2029. 

Iklan

“Jadi secara ketentuan dari undang-undang MD3-nya seharusnya dari PDI Perjuangan. Nah nanti tentunya pasti akan diputuskan siapa nanti di sana,” tuturnya. 

Adapun Puan Maharani menjabat sebagai ketua DPR periode 2019-2024. Ketua DPP PDIP bidang politik itu juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) antara 2014 hingga 2019. Puan juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP di DPR pada tahun 2012 hingga 2014. 

Pilihan Editor: Jokowi Bilang Keputusan Pindah IKN dari Seluruh Rakyat Bukan Mau Presiden Saja, Tapi Lain Kata Survei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *