Kabupaten Sumbawa Kembali Raih Penghargaan di Indonesia Halal Business Awards


INFO NASIONAL – Pemerintah Kabupaten Sumbawa meraih juara dalam Indonesia Halal Business Awards (IHYA) 2024 untuk kategori Best possible Halal Innovation. Capaian ini jadi yang ketiga kali diraih oleh Pemkab Sumba.

“Kami sangat bersyukur bisa kembali mendapatkan predikat Best possible Halal Innovation. Kami juga berkomitmen untuk terus melakukan pemberdayaan industri halal ke seluruh pelaku usaha, ” kata Penjabat Sementara (PJs) Bupati Sumbawa, Najamuddin Amy, Jumat, 27 September 2024.

Dia kian bersyukur lantaran ucapan selamat juga disampaikan oleh Menteri Perindustrian. “Beliau menyatakan agar tahun depan dipertahankan bahkan ditingkatkan. Saya jawab, Insyaallah dengan dorongan Pak Menteri dan jajaran Pemprov NTB, Pemda Sumbawa akan mendapatkan anugerah yang keempat kalinya,” kata Najamuddin.

“Penghargaan ini buah kerja keras dari Pemda Sumbawa. Mulai dari inovatornya, dinas Perindagkop, Bappeda serta dukungan stakeholders lainnya,” ia mengimbuhkan. “Ini juga merupakan buah dari komitmen pemimpin daerah sebelumnya yang telah memberikan ruang kreativitas dan berinovasi bagi ASN dan dinas di Kabupaten Sumbawa.”

Adapun, sertifikasi Halal dan upaya pembangunan ekosistem industri halal telah dicanangkan sebagai program unggulan daerah sejak kepemimpinan Bupati Mahmud Abdullah.

Iklan

Pembangunan ekosistem industri halal Sumbawa yang dimotori oleh Pusat Halal Sumbawa juga membangun kolaborasi efektif dan terintegrasi. Sehingga berpengaruh pada sektor kredit mikro dan perguruan tinggi.  Terbukti dengan tiga kali prestasi Koperasi Syariah BMT Insan Samawa meraih Best possible Halal Microfinance pada IHYA 2022, IHYA 2023, dan IHYA 2024.

IHYA digagas oleh Kementerian Perindustrian. Menjadi ajang apresiasi bagi institusi pemerintah, swasta, dan masyarakat yang berkontribusi terbaik dalam pemberdayaan dan pembangunan industri halal nasional. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *